Tuesday, 5 Rabiul Awwal 1440 / 13 November 2018

Tuesday, 5 Rabiul Awwal 1440 / 13 November 2018

 

Polda Banten Siapkan Titik Penyekatan Menuju Jalur Merak

Ahad 10 Jun 2018 11:03 WIB

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Bilal Ramadhan

Gerbang tol Merak jelang mudik lebaran 2018, Jumat (8/6).

Gerbang tol Merak jelang mudik lebaran 2018, Jumat (8/6).

Foto: Republika TV
Titik penyekatan dari depan Hotel Sony hingga ke kantor KSPS Merak

REPUBLIKA.CO.ID, MERAK -- Kepolisian Daerah Banten (Polda Banten) menyiapkan 55 personel kepolisian untuk mengawal jalur mudik menuju Pelabuhan Merak, Banten. Agar tak terjadi kesemrawutan, kepolisian juga menyiapkan titik-titik penyekatan di beberapa titik sebelum mencapai pelabuhan.

"Kita sudah menyiapkan satgas yang menggunakan motor 30 personel. Ditambah dengan Sabharra jadi sekitar 55 personel," ungkap DirlantasPolda Banten Kombes Pol Tri Julianto Djati kepada Republika.co.id, Ahad (10/6).

Para personel kepolisian itu disebar ke beberapa titik sebelum mencapai Pelabuhan Merak. Titik-titik tersebut antara lain di depan Hotel Sony Merak hingga ke kantor Satuan Kepolisian Sektor Kawasan Pelabuhan (KSKP) Merak, Gerem Bawah, Gerem Atas, dan di Fly Over Merak.

"Kita menyiapkan juga titik-titik penyekatan di fly over, Cikuasa Atas, Gerem Bawah, Tol Merak, kemudian Cilegon Barat untuk pengalihan apabila tol antreannya panjang akan kita buang ke arteri," terangnya.

Kendaraan yang dibuang ke jalan arteri nantinya akan masuk ke Gerem Atas. Setelah itu, mereka akan dikantong-kantongkan di Cikuasa Atas. Semua itu dilakukan agar kendaraan roda empat para pemudik dapat tertib dalam mengantre.

Skema itu dinilainya terbukti dapat memperpendek antrean kendaraan menuju Pelabuhan Merak. "Karena ini lonjakan arus pasti padat tidak mungkin tidak antre, pasti antre. Yang penting, sistem antrean sudah diatur pola pengaturannya. Tidak crowded ada penyekatan di fly over yang nanti untuk mencegah kesemrawutan di depam Hotel Sony," jelas dia.

Menurut Djati, kemacetan di sekitar Pelabuhan Merak diakibatkan oleh kendaraan-kendaraan yang menunggu untuk masuk ke dalam kapal. Karena parkir menuju dermaga penuh, maka kepolisian membantu menyekat di titik-titik tadi agar tak terjadi kesemrawutan di dalam dermaga.

Ia pun memprediksi puncak arus mudik akan terjadi pada H-4 atau H-3 lebaran. Namun, ia melihat, akibat bertambahnya masa libur lebaran, kepadatan sudah terdistribusi ke hari-hari yang lain. Sehingga, kepadatan yang akan terjadi tak akan seperti tahun lalu.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA