Senin, 11 Syawwal 1439 / 25 Juni 2018

Senin, 11 Syawwal 1439 / 25 Juni 2018

 

Pemudik ke Pulau Jawa Terus Meningkat

Ahad 02 Juli 2017 20:46 WIB

Rep: Mursalin Yasland/ Red: Gita Amanda

Para pemudik di Terminal Rajabasa.

Para pemudik di Terminal Rajabasa.

Foto: ANTARA FOTO/Ardiansyah

REPUBLIKA.CO.ID, BANDAR LAMPUNG -- Jumlah pemudik yang akan ke Pulau Jawa dari Terminal Rajabasa Kota Bandar Lampung, terus meningkat hingga Ahad (2/7) petang. Arus balik dari terminal diperkirakan akan terus mengalir hingga Ahad malam seiring berakhirnya libur akhir pekan.

Pemantauan Republlika.co.id di Terminal Rajabasa, arus balik pemudik pejalan kaki yang menggunakan bus umum ke Pelabuhan Bakauheni kian ramai sejak Ahad pagi hingga petang. Penumpang dari berbagai daerah di Lampung terus berdatangan ke terminal terbesar di Lampung tersebut.

Koodinator Terminal Rajabasa Bandar Lampung Mustikawati mengatakan, arus balik Lebaran Idul Fitri 1438 Hijriah sudah terdistribusi sejak H+1 hingga H+6, sehingga kepadatan penumpang di terminal tidak tampak signifikan. “Pemudik balik akan terjadi pada H+7 malam,” kata Mustikawati.

Menurut dia, arus balik pemudik di Terminal Rajabasa sudah terjadi sejak Ahad pagi hingga petang. Keramaian pemudik yang hendak ke Pelabuhan Bakauheni lebih dominan dibandingkan dengan pemudik yang balik ke daerah-daerah di Lampung atau kota-kota lain di Sumatra.

Ia mengatakan kedatangan bus penumpang pada arus mudik dan balik pada tahun ini terjadi penurunan dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Data yang diperoleh, tahun lalu kedatangan penumpang mencapai 15.227 orang, sedangkan tahun ini hanya 7.146 orang. Sedangkan kedatangan bus tahun lalu 520 unit, sedangkan tahun ini hanya 327 unit.

Menurut dia, arus balik pada tahun ini sudah terdistribusi sejak H+1 hingga H+7 sehingga pemudik balik sudah sudah mulai terurai sepanjang sepekan terakhir setelah Idul Fitri. Selain itu, pemudik menggunakan kendaraan baik motor maupun mobil menyebabkan berkurangnya penumpang bus.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES