Menhub Imbau Pemudik Kembali Sebelum H+3

Rep: Dea Alvi Soraya/ Red: Andi Nur Aminah

 Selasa 27 Jun 2017 17:36 WIB

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi Foto: ANTARA FOTO/Budi Candra Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi

REPUBLIKA.CO.ID, ROL JAKARTA -- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengimbau pemudik untuk kembali ke Jakarta sebelum atau pada H+3, Kamis (29/6). Hal itu dikarenakan pada tanggal Jumat (30/6) atau H+4 pembatasan operasional kendaraan angkutan barang yang menggunakan truk sudah berakhir.

Dia menjelaskan, puncak arus balik diprediksikan akan terjadi pada Sabtu (1/7) dan Ahad (2/7). “Kami sudah meniadakan atau membatasi truk tertentu untuk tidak beroperasi dalam delapn hari. Jadi tidak mungkin kita memperpanjang pembatasan truk tersebut. Jadi jika tidak ada kegiatan lagi lakukanlah balik ke Jakarta sebelum tanggal 30,” jelas Menhub melalui siaran pers yang diterima Republika.co.id, Selasa (27/6).

Budi memprediksikan puncak arus balik terjadi akan tersebar mulai Rabu (28/6) besok hingga Ahad (2/7) nanti. Jika penyebaran arus mudik tidak dilakukan, maka akan ada 100 ribu pemudik dalam satu hari, dan daya dukung jalan tidak akan mampu menampungnya. “Tapi kalau kita bagi menjadi lima hari, jadi 20 ribu per hari itu kan lebih baik. Sebagian harinya bisa digunakan untuk berlibur di Jakarta,” ujar Menhub.

Jalan darurat, kata dia akan digunakan pada arus balik. Jika saat ini jalur tersebut masih digunakan menuju Jawa Tengah, maka saat arus balik akan difungsikan untuk arah Jakarta. Terkait kemacetan yang terjadi di Tol Cikarang Utama (Cikarut) pada Ahad (25/6) kemarin, Budi mengatakan sudah ada penambahan jalur dengan contraflow untuk memperlancar arus lalu lintas.

Dia menjelakan, ada suatu kenaikan arus lalu lintas setelah hari raya. Dia menduga, liburan yang panjang telah membuat pemudik tidak ragu untuk mudik pada hari H (25/6). Hari ini, kata dia telah dimulai contraflow. Artinya jalan menuju Cipali-Jakarta akan ditambah dengan contraflow. "Diharapkan itu akan menyerap arus lalu lintas dari Jakarta menuju Cikarut dan Cipali,” kata dia.

Selanjutnya, Budi juga akan melakukan evaluasi terhadap arus angkutan lebaran yang diperkirakan pada H+4. Dia menduga, pada hari itu volume arus mudik maupun arus balik akan berimbang. Dia mengatakan akan membuat suatu estimasi bersama Kakorlantas dan Kemen PUPR tentang mekanisme yang akan dilakukan dan dipertahankan.


BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X