Wakapolri Kagum Stasiun Gambir Seperti di Eropa

Rep: Arif Satrio/ Red: Indira Rezkisari

 Jumat 23 Jun 2017 13:16 WIB


Sejumlah calon pemudik menanti kedatangan kereta di Stasiun Gambir, Jakarta, Rabu (21/6). Humas Stasiun Gambir mencatat, jumlah pemudik dari Satasiun Gambir pada hari keempat jelang Lebaran mencapai 15.459 penumpang. Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang Sejumlah calon pemudik menanti kedatangan kereta di Stasiun Gambir, Jakarta, Rabu (21/6). Humas Stasiun Gambir mencatat, jumlah pemudik dari Satasiun Gambir pada hari keempat jelang Lebaran mencapai 15.459 penumpang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Wakil Kepala Kepolisian Polri Komisaris Jenderal Syafruddin meninjau sejumlah stasiun yang menjadi titik pemberangkatan mudik di Jakarta. Syafruddin bersama jajarannya meninkau Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen.

"Kita berada di sini kelihatannya juga sudah puncaknya sekarang diberangkatkan sekitar 27.000," kata Syafruddin di Stasiun Pasar Senen, Jum'at (26/6).

Syafruddin menilai, fasilitas di Stasiun Pasar Senen yang banyak diserbu penumpang menengah ke bawah sudah mulai optimal. "Senen itu jauh cukup memadai fasilitasnya, walaupun jumlah penumpang ekspektasinya masih sangat tinggi," ujar dia.

Sementara, Syafruddin menilai fasilitas yang disediakan di Stasiun Gambir sudah seperti stasiun-stasiun kelas dunia. Bahkan dia menyebut Stasiun Gambir dapat bersaing dengan stasiun papan atas dunia. "Di Gambir apalagi sangat eksklusif, stasiun sudah seperti di Eropa. Mudah mudahan menyamai seperti di Jepang," kata dia lagi.

Syafruddin mengatakan, pengamanan mudik tahun ini pun lebih baik. Pengamanan yang ditempatkan di tempat pemberangkatan mudik menurut dia dapat bekerja optimal.

"Secara umum bahwa arus mudik untuk tahun ini jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya. Apalagi secara khusus di stasiun kereta," ujar dia.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X