Tuesday, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 February 2020

Tuesday, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 February 2020

 

BMKG Siapkan Data Prakiraan Cuaca di Posko Mudik

Kamis 15 Jun 2017 18:24 WIB

Rep: Kabul Astuti/ Red: Ratna Puspita

Petugas Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjuk peta sebaran awan dan potensi hujan hasil penginderaan Satelit Palapa C2. (Ilustrasi)

Petugas Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjuk peta sebaran awan dan potensi hujan hasil penginderaan Satelit Palapa C2. (Ilustrasi)

Foto: Antara/Asep Fathulrahman

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) akan menyiapkan dukungan informasi prakiraan cuaca di posko-posko selama mudik Lebaran 2017.

Kepala Bagian Humas BMKG Harry Tirto Djatmiko mengatakan update kondisi cuaca khusus mudik lebaran akan diberikan tiap enam jam selama waktu mudik. BMKG memberikan dukungan layanan informasi cuaca di posko mudik terpadu milik Kementerian Perhubungan.

"Selain posko terpadu di Kementerian Perhubungan, BMKG juga melakukan dukungan posko di seluruh Indonesia, baik itu di bandara, pelabuhan, dan mana saja," kata Harry Tirto kepada Republika, Kamis (15/6).

Harry menambahkan informasi kondisi cuaca tersebut juga tersedia di UPT BMKG di daerah-daerah. Ada 34 provinsi dan 96 bandara di seluruh Indonesia yang sudah terjangkau oleh BMKG.

Menurut Harry, BMKG juga melakukan koordinasi dengan posko-posko mudik yang diadakan pemda terkait. Dia menambahkan, informasi prakiraan cuaca juga bisa diakses masyarakat melalui aplikasi Info BMKG yang dapat diunduh di Appstore dan Playstore.

Fitur-fitur yang ada dalam aplikasi tersebut, meliputi informasi cuaca jalur mudik darat, bandara, pelabuhan, dan wilayah perairan. Selain informasi rutin, BMKG menyiapkan informasi yang terkait dengan early warning

"Tiga jam sebelum kejadian hujan lebat kami sudah berikan. Itu salah satu fitur yang ada di aplikasi," kata Harry. 

Kendati demikian, Harry mengatakan curah hujan hanya salah satu faktor dalam pemetaan rawan bencana di jalur mudik. Ia mengungkapkan, BMKG berkolaborasi dengan kementerian lembaga terkait, termasuk pemerintah daerah di 34 provinsi untuk antisipasi jalur mudik rawan.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES