Tuesday, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 February 2020

Tuesday, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 February 2020

 

Pemerintah Luncurkan Aplikasi Mudik Terpadu

Kamis 15 Jun 2017 17:01 WIB

Rep: Dea Alvi/ Red: Ilham Tirta

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara.

Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) turut mendukung kenyamanan dan kelancaran masyarakat dalam prosesi mudik lebaran. Kemenkominfo menyediakan Aplikasi Ayo Mudik.

Aplikasi ini mengkolaborasikan informasi-informasi daya dukung yang tersedia untuk memberikan kelancaran dan kenyamanan bermudik. Aplikasi ini juga merupakan hasil kolaborasi pemerintah dengan perusahaan startup nasional Kudo.

Menurut Menkominfo Rudiantara, aplikasi Ayo Mudik memberikan ketersediaan informasi mengenai jalur mudik, fasilitas yang ada di sepanjang jalur mudik serta informasi titik kemacetan yang berpotensi memperpanjang durasi perjalanan mudik. Selama ini, kata Rudi, akses informasi mutakhir dan lengkap untuk mudik masih sulit untuk diperoleh karena tidak terintegrasi dengan baik.

"Oleh karena itu, pada hari ini Pemerintah melalui Menteri Komunikasi dan Informatika, Menteri Perhubungan bersama para Menteri dan Kepala Lembaga Lainnya meluncurkan "Aplikasi Ayo Mudik" sebagai Aplikasi Mudik Terpadu Pertama di Indonesia untuk mendukung kelancaran dan kenyamanan dalam Mudik Lebaran 2017," jelas Rudiantara melalui siaran pers yang diterima Republika.co.id, Kamis (15/6).

Peluncuran ini dilaksanakan bersamaan dengan acara Gelar Pasukan Posko Angkutan Lebaran Terpadu 2017, Kamis 15 Juni 2017 Pukul 16.00 WIB di Kementerian Perhubungan. Aplikasi Ayo Mudik ini memang harus dikembangkan secara cepat dan juga dapat dengan mudah digunakan oleh masyarakat. Untuk itu, Rudi menganggap pemerintah sangat membutuhkan daya dukung programmer-programmer handal yang siap mengembangkan, memelihara dan melakukan antisipasi kinerja layanan aplikasi ini.

Dia menjelaskan, Kudo sebagai perusahan startup yang memiliki daya dukung tersebut dan telah berupaya semaksimal mungkin mengembangkan aplikasinya dengan maksud memberikan yang terbaik bagi masyarakat Indonesia. Konten dan informasi di dalam Aplikasi Ayo Mudik ini didukung oleh berbagai kementerian dan lembaga terkait untuk dapat menyajikan konten dan informasi yang terpadu.

Rudi juga menjelaskan, aplikasi Ayo Mudik merupakan sebuah aplikasi yang menyajikan informasi tempat atau lokasi yang dibutuhkan oleh pemudik selama melakukan perjalanannya. Aplikasi ini berbasis peta yang dapat menyajikan informasi mengenai lokasi posko mudik insidentil dari berbagai mitra yang ada.

"Para pemudik akan mendapatkan kemudahan dalam memperoleh berbagai informasi seperti lokasi posko mudik terdekat, pos polisi, posko kesehatan, SPBU, bengkel, masjid, ATM, info bencana serta info lalu lintas terkini," kata Rudi.

Sumber : Center
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES