Tuesday, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 February 2020

Tuesday, 24 Jumadil Akhir 1441 / 18 February 2020

 

Menhub Pastikan Persiapan Mudik di Jatim Berjalan Lancar

Kamis 15 Jun 2017 17:09 WIB

Rep: BINTI SHOLIKAH/ Red: Ilham Tirta

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

Foto: Antara/Akbar Tado

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memastikan persiapan jalur mudik Lebaran di bandara, terminal dan pelabuhan di Jatim berjalan lancar. Kepastian itu diungkapkan Menhub sesuai peninjauan Bandara Juanda, Terminal Purabaya di Bungurasih, dan Pelabuhan Tanjung Perak, bersama tim Komisi V DPR RI, Kamis (15/6).

Budi mengaku sangat terdukung oleh Komisi V DPR RI yang bisa berkomunikasi dengan Kemenhub secara cair. Dari hasil peninjauannya di Pelabuhan Tanjung Perak, ia menilai kondisinya sudah bagus. "Kedua, soal safety saya tadi sudah ada pelaporan sudah di ramp check kurang lebih 80 persen, nah yang 20 persen ini nanti begitu kapal mau pergi lewat sini mesti di ramp check," ujarnya kepada wartawan seusai meninjau Pelabuhan Tanjung Perak.

Menurut dia, biasanya saat arus balik terjadi lonjakan penumpang. Ia meminta agar Pelindo III menjaga jangan sampai terjadi kelebihan penumpang dalam satu kapal. "Nah khusus kapal Ro-Ro (roll on roll off) itu ada kapal biasanya kan ikat, nah ini pengikatan kami minta ditingkatkan. Tapi saya pikir di sini baik, insyaAllah yang menjadi catatan semua baik," kata Menhub.

Di sisi lain, di jalur darat Menhub mengimbau agar para pemudik menghindari mudik saat puncak arus, yakni pada 23-24 Juni 2017. Ia meminta agar pemudik pulang kampung pada 19 Juni saat anak-anak sekolah telah libur. Sehingga bisa mengurangi kepadatan lalu lintas. Ia memperkirakan adanya peningkatan kepadatan kendaraan di jalur darat baik roda dua maupun roda empat di atas 10 persen.

"Makanya kami memberikan mudik gratis dari Jakarta. Di Surabaya juga saya dengar menyediakan 200 ribu kuota mudik gratis supaya yang naik motor jangan naik motor. Naik mudik gratis saja," kata Menhub.

Wakil Ketua Komisi V DPR, Muhidin Mohamad Said mengatakan, tim Komisi V memberi apresiasi semua kesiapan-kesiapan mudik Lebaran. Hasil tinjauan tim, seperti bandara, terminal dan pelabuhan Tanjung Perak sudah berjalan dengan baik.

"Dan tentu harapan kami supaya ini dijaga sampai menjelang Lebaran maupun setelah Lebaran, baik dari sisi keamanan dari sisi kelancaran semua karena semua sudah berjalan sesuai dengan apa yang direncanakan," kata Muhidin.

 

Sumber : Center
  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES