Dua Pintu Tol di Pejagan dan Brebes Ditutup

Red: Nur Aini

 Senin 04 Jul 2016 22:16 WIB

Kendaraan pemudik terjebak macet parah di Tol Pejagan, Jawa Tengah, Senin (4/7).  (Republika/Wihdan Hidayat) Foto: Republika/Wihdan Hidayat Kendaraan pemudik terjebak macet parah di Tol Pejagan, Jawa Tengah, Senin (4/7). (Republika/Wihdan Hidayat)

REPUBLIKA.CO.ID,BREBES -- Kepolisian Resor Brebes, Jawa Tengah menutup dua pintu tol di Brebes Barat dan Tol Pejagan sebagai upaya melancarkan arus lalu lintas pada jalur pantai utara (Pantura) yang kini masih macet.

Kepala Polres Brebes Lutfhie Sulitiawan, mengatakan kemacetan yang terjadi pada Pantura karena banyak kendaraan pemudik yang antre di stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU). "Jalur pantura karena lebih banyak disebabkan kendaraan pemudik mengantre di SPBU," katanya di Brebes, Senin (4/7).

Ia yang didampingi Kepala Satuan Lalu Lintas AKP Arfan Zulkan Sipayung mengatakan polisi terpaksa harus menertibkan dan mengatur kendaraan pemudik yang antre mengisi BBM di SPBU. "Kemacetan itu, selain akibat melonjaknya jumlah kendaraan dari arah Jakarta juga terjadi akibat penumpukan kendaraan di sejumlah titik, seperti kendaraan pemudik yang mengantre di SBPU untuk mengisi bahan bakar, adanya perlintasan sebidang rel Kereta Api (KA), dan beberapa pasar tumpah," katanya.

Salah satu pemudik, Budi Santosa mengatakan untuk menghindari kemacetan di jalur pantura Brebes, ia memilih mengambil jalur alternatif dari Cirebon menuju Kuningan, Banjarharjo (Brebes), hingga sampai Slawi.
"Jarak tempuh Cirebon ke Kuningan hanya 25 kilometer sedang Kuningan-Banjarharjo sekitar 53 kilometer. Akan tetapi, jalur alternatif ini relatif cukup mulus sehingga nyaman dilalui kendaraan," katanya.

Sementara itu, dari pantauan di jalur pantura Jembatan Spait Kabupaten Pekalongan hingga Kabupaten Batang, arus lalu lintas kendaraan padat lancar, Senin (4/7) sore. Arus lalu lintas kendaraan hanya sempat terjadi antrean di sejumlah titik rawan macet, seperti jalur pantura depan pasar Wiradesa, perempatan Grogolan hingga Ponolawen, depan Ramayana. Adapun, di jalur pantura Batang, arus lalu lintas kendaraan padat lancar.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X