Duh, Jalur Mudik Jalintim Sumatra di Riau Gelap Gulita

Red: Nidia Zuraya

 Senin 04 Jul 2016 06:30 WIB

Jalintim Sumatra Jalintim Sumatra

REPUBLIKA.CO.ID, PEMATANG REBA - Puluhan kilometer Jalan Lintas Timur (Jalintim) Sumatra menghubungkan Kabupaten Indragiri Hilir dan Indragiri Hulu, Provinsi Riau, gelap gulita karena belum dilengkapi penerangan jalan sehingga membahayakan pemudik yang melintas di daerah itu pada malam hari.

Antara yang melintas di jalan negara itu pada Ahad (3/7) malam menuju Pekanbaru mendapati kondisi jalan yang gelap gulita itu selepas SPBU Desa Keritang, Kecamatan Kemuning, Kabupaten Indragiri Hilir, ke arah Pekanbaru terutama saat melewati kawasan perkebunan sawit.

Selain belum dilengkapi fasilitas penerangan jalan, tidak sedikit ruas jalan berkonstruksi beton dengan kondisi mulus itu belum diberi marka jalan sehingga menyulitkan sopir, terutama para pemudik yang baru pertama kali melintas di sana pada malam hari.

Bantuan pencahayaan terhadap jalan yang naik-turun serta berkelok-kelok itu hanya datang dari rumah-rumah penduduk. "Kondisi gelap gulita di Jalintim itu hanya datang dari cahaya lampu dari rumah-rumah warga namun sebagian besar dari puluhan kilometer jalan gelap gulita.

Untuk mengurangi risiko bahaya akibat ketiadaan penerangan jalan, banyak pengemudi termasuk para pemudik berkendara mobil pribadi yang melintasi Jalintim yang menghubungkan daerah Provinsi Riau dengan Jambi itu menggunakan lampu jauh kendaraan mereka untuk memperjelas posisi bahu jalan dan kelokan.

Sijon, petugas SPBU Desa Pematang Reba, Kecamatan Rengat, Kabupaten Indragiri Hulu, membenarkan kondisi Jalintim tanpa penerangan itu, terutama saat melintasi wilayah perkebunan sawit. Namun kondisi jalan berkonstruksi beton di wilayah Riau yang mulus itu diapresiasi para pemudik. 

"Sekarang Jalintim Riau ini mulus. Tahun lalu, saat proses pembetonan, kendaraan harus antre sebelum dapat melintas. Kini saat arus mudik ini, tidak lagi ada antrean," kata Yulius, sopir yang membawa rombongan keluarga pemudik asal Lampung menuju Pematang Siantar, Sumatra Utara, saat ditemui di SPBU Desa Keritang.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X