Sore Ini Tol Cipali Ditutup, Pemudik Diarahkan ke Pantura

Rep: Gilang Akbar Prambadi/ Red: Damanhuri Zuhri

 Ahad 03 Jul 2016 15:26 WIB

Kendaraan pemudik antre membayar di pintu keluar Tol Cipali, Jawa Barat, Sabtu (2/7). (Republika/Wihdan Hidayat) Foto: Republika/Wihdan Hidayat Kendaraan pemudik antre membayar di pintu keluar Tol Cipali, Jawa Barat, Sabtu (2/7). (Republika/Wihdan Hidayat)

REPUBLIKA.CO.ID, CIKAMPEK -- Jalur mudik menuju Tol Cipali ditutup sejak siang hingga sore ini, Ahad (3/7). Arus kendaraan yang sebenarnya sedang melaju lancar tiba-tiba diarahkan oleh kepolisian untuk menuju pintu keluar Tol Cikampek.

Pintu tol yang mengarahkan arus mudik ke jalur Pantura ini pun mendadak ramai sejak H-3 siang sampai sore hari. Padahal, sejak Tol Cipali dibuka, pintu keluar Cikampek relatif sepi.

Kapolda Jawa Barat Irjen Bambang Waskito mengatakan, kebijakan ini sengaja dilakukan untuk membelah arus mudik yang dengan arah tujuan Jawa Tengah (Jateng) dan Jawa Timur. Dia mengatakan, siang hingga sore ini antrian kendaraan yang keluar di ujung Tol Cipali yaitu exit Tol Brebes Timur, Jateng mengular panjang.

"Saya mendapat kabar dari Kapolda Jateng (Irjen Condro Kirono) di Brexit (pintu keluar tol Brebes) sudah menumpuk kendaraan. Kalau sampai kendaraan mudik terus menerus berdatangan ke sana dari Jakarta, bisa semakin parah. Jadi kami tutup sejak di Cikampek karena Polda Jabar yang berwenang," kata Bambang di Pos Utama Pemantauan Mudik Polda Jabar, Cikampek, Ahad (3/7).

Dia mengatakan, dengan rekayasa tersebut kendaraan yang hendak menuju Jateng dan Jatim harus melewati jalur Pantura. Pun demikian bagi mereka yang hendak menuju daerah di sekitar Top Cipali. Untuk sementara waktu harus lewat jalan Pantura. "Ini sifatnya situasional," kata jenderal bintang dua ini.



BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X