Pemudik di Bandara Soekarno Hatta Naik 8 Persen

Rep: Qommarria Rostanti/ Red: Damanhuri Zuhri

 Ahad 03 Jul 2016 15:04 WIB

Sejumlah calon penumpang berada di area Terminal Keberangkatan di Bandara Soekarno Hatta di Tangerang, Banten,Sabtu (2/7).. (Republika/Prayogi) Foto: Republika/Prayogi Sejumlah calon penumpang berada di area Terminal Keberangkatan di Bandara Soekarno Hatta di Tangerang, Banten,Sabtu (2/7).. (Republika/Prayogi)

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Jumlah pemudik di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, naik sekitar delapan persen dibandingkan dengan arus mudik pada Lebaran tahun lalu. Hal itu dikarenakan jumlah libur Lebaran kali ini lebih panjang, yaitu empat hari sebelum Hari Raya Idul Fitri yang diperkirakan jatuh pada 6 Juli 2016.

"Tahun ini liburnya lebih panjang, mulai hari ini (Sabtu) sampai Selasa. Lebih panjang dari tahun lalu, jadi distribusi (pemudik) lebih merata," kata Menteri Perhubungan Ignasius Jonan dalam keterangan pers yang diterima Republika.co.id, Ahad (3/7).

Kondisi Bandara Soekarno Hatta pada hari pertama libur juga terpantau ramai, namun tidak sampai terjadi penumpukan penumpang. Selain karena alasan yang telah disebutkan Jonan sebelumnya, hal ini terjadi karena adanya transformasi pada pelayanan transportasi umum, khususnya di sektor udara.

Mulai tahun lalu tidak ada loket tiket di bandara. Calon penumpang diminta untuk pesan tiket sebelumnya, bisa dari internet atau travel agent. "Sehingga tidak ada, misalnya, calon penumpang ke bandara. Yang ke sini, ya sudah penumpang," ujarnya.

Anggota Komisi V DPR RI Nusyirwan Soejono berpendapat, penyelenggaraan angkutan Lebaran tahun ini lebih baik dari pada tahun sebelumnya. "Persiapannya juga lebih baik," kata Nusyirwan.


BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X