Pemudik Diminta Waspadai Jalur Tengah dan Selatan

Rep: Wilda Fizriyani/ Red: Dwi Murdaningsih

 Ahad 03 Jul 2016 14:49 WIB

Pekerja memperbaiki bantaran rel kereta api jalur selatan, Kabupaten Bandung, Jabar, Rabu 915/6). Foto: Republika/ Yasin Habibi Pekerja memperbaiki bantaran rel kereta api jalur selatan, Kabupaten Bandung, Jabar, Rabu 915/6).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperingatkan pemudik untuk waspada terhadap cuaca yang berada di Jawa Barat (Jabar), Jawa Tengah (Jateng), DI Yogyakarta (DIY) dan Jawa Timur (Jatim). Menurut Kepala Sub Informasi BMKG, Heri Tirto, peringatan kewaspadaan di jalur tengah dan selatan berkaitan banjir dan longsor.

“Sedangkan jalur utara kewaspadaan banjir dan rob (banjir air laut Red),” kata Heri melalui pesan singkatnya, Ahad (3/7).  

Dia menerangkan, kondisi ini dapat terjadi akibat adanya pasang air laut. Situasi ini maksimum terjadi pada periode 30 Juni hingga 7 Juli 2016.

Untuk cuaca sendiri, berdasarkan data BMKG, Jawa Barat relatif akan mengalami hujan ringan. Hal ini berdasarkan perkiraan BMKG dari Ahad (3/7) pukul 07.00 WIB hingga Senin (4/7) pada pukul 07.00 WIB. Sementara hampir sejumlah kabupaten/kota  di Jawa Tengah diperkirakan akan mengalami hujan sedang maupun ringan.

Selanjutnya, kondisi hujan ringan dan berawan diprediksikan terjadi di DIY. Sementara sejumlah wilayah di Jawa Timur mengalami kondisi beragam, baik berawan, hujan ringan maupun sedang.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X