Ini Tempat-Tempat Shalat Bagi Pemudik di Tol Cipali

Red: Bayu Hermawan

 Jumat 01 Jul 2016 19:53 WIB

Pemudik Mulai Lintasi Pantura. Kendaraan melintas di Tol Cipali, Jawa Barat, Kamis (30/6) Foto: Republika/Wildan Hidayat Pemudik Mulai Lintasi Pantura. Kendaraan melintas di Tol Cipali, Jawa Barat, Kamis (30/6)

REPUBLIKA.CO.ID, PALIMANAN -- Perjalanan pulang ke kampung halaman tidak seharusnya mengabaikan shalat lima waktu.

Bagi pemudik yang melintasi tol Cikopo-Palimanan (Cipali), ada delapan tempat peristirahatan yang menyediakan mushala dan masjid dan dapat menjadi sarana pemudik beribadah.

Tol Cipali melintasi lima kabupaten di Jawa Barat, yaitu Kabupaten Purwakarta, Subang, Indramayu, Majalengka, dan Cirebon. Pemudik jalan tol Cipali bisa berhenti untuk shalat di beberapa titik rest area.

"Tersedia delapan rest area yang telah beroperasi untuk mendukung kenyamanan para pengguna tol Cipali," kata Wakil Direktur Utama PT Lintas Marga Sedaya (LMS), Hudaya Arryanto.

Tempat-tempat peristirahatan tersebut berada di KM 86 arah barat (Cikopo), KM 86 arah timur (Cirebon), KM 102 arah timur, KM 101 arah barat, KM 130 arah timur, KM 130 arah barat, KM 166 arah timur, dan KM 166 arah barat.

Semua tempat peristirahatan itu dilengkapi dengan fasilitas masjid atau mushala. Pemudik dapat memanfaatkannya untuk shalat lima waktu.

Selama musim mudik, PT LMS juga menambah pasokan air bersih serta menambah kapasitas tanki penyimpanan air di tempat peristirahatan tipe B (kecil) hingga lima kali lipat.

Tempat peristirahatan tipe B tersebut yaitu KM 86 arah barat (Cikopo), KM 86 arah timur (Cirebon), KM 130 arah timur, dan KM 130 arah barat.

Hudaya mengatakan, fasilitas toilet umum juga ditambah untuk mengantisipasi banyaknya pengguna tempat peristirahatan.

Untuk lebih menghemat waktu, pemudik dapat melaksanakan shalat lima waktu dengan cara jama qashar. Jadi, tidak ada alasan untuk meninggalkan shalat saat mudik melintasi jalur ini.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X