Puncak Arus Mudik di Pulogadung Diprediksi H-3 Lebaran

Red: Bayu Hermawan

 Jumat 01 Jul 2016 19:42 WIB

Sejumlah calon penumpang menuju bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Terminal Bus Pulogadung, Jakarta Timur, Kamis (30/6). (Republika/Yasin Habibi) Foto: Republika/ Yasin Habibi Sejumlah calon penumpang menuju bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) di Terminal Bus Pulogadung, Jakarta Timur, Kamis (30/6). (Republika/Yasin Habibi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kepala Terminal Bus Pulogadung, Jakarta Timur, Hengky Risakotta memprediksi puncak arus mudik Lebaran tahun 2016 akan jatuh pada hari Ahad (3/7) mendatang atau H-3 Lebaran.

"Sementara saat ini belum terlihat lonjakan penumpang," katanya di Jakarta, Jumat (1/7).

Data dari Terminal Pulogadung menunjukkan puncak arus balik pada Lebaran 2015 di Terminal Pulogadung terjadi pada H-2 dengan 146 bis dan 3.070 penumpang berangkat. Sementara data penumpang yang berangkat pada Kamis (30 Juni) tercatat sebanyak 1.350 dari 157 bis yang diberangkatkan.

Menghadapi arus mudik Lebaran 2016, Terminal bus Pulogadung, Jakarta Timur, mulai membenahi dan melengkapi berbagai fasilitas yang diperuntukkan bagi penumpang dan pengemudi.

"Tahun ini kami mempunyai fasilitas terlengkap mulai dari ruang tunggu penumpang dan pengemudi, posko kesehatan, ruang ibu menyusui hingga ruang cek surat kendaraan," jelasnya.

Ruang istirahat pengemudi seluas 4x6 meter terletak di dekat terminal keberangkatan bus, sedangkan ruang ibu menyusui terletak di dekat pusat informasi.

Sementara itu, pos terpadu yang terdiri dari pos kesehatan umum, pos keamanan, dan pos petugas perhubungan didirikan di area parkir dekat terminal pemberangkatan.

Sedangkan pos pemeriksaan kesehatan untuk sopir dan kondektur bus terletak di bagian belakang terminal, berdekatan dengan pos pemeriksaan kelaikan kendaraan.

Untuk keamanan, kurang lebih 70 personel keamanan gabungan dari Polda dan TNI dikerahkan untuk kelancaran arus mudik di Pulogadung selama Lebaran 2016.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X