Jalur Pejagan-Purwokerto Semakin Dipadati Pemudik

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Bayu Hermawan

 Jumat 01 Jul 2016 17:57 WIB

Tol Pejagan (ilustrasi) Foto: Antara/Rosa Panggabean Tol Pejagan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Peningkatan volume kendaraan yang melintas di sejumlah jalur mudik di Jawa Tengah, semakin terasa sejak Kamis (30/6) kemarin atau H-6 lebaran. Salah satunya di jalur utama Pejagan - Purwokerto.

"Pada H-5 Lebaran ini, volume kendaraan yang melintas akan semakin bertambah banyak," kata Faisal (36), salah satu pemudik tujuan Gunungkidul, Yogyakarta, Jumat (1/7).

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua Bidang Kepanduan dan Olahraga DPW PKS Jawa Tengah, Amir Darmanto saat ditemui di Posko Mudik PKS. Menurutnya peningkatan volume kendaraan yang melintas di jalur Pejagan-Purwokerto, sudah terjadi sejak Kamis sore kemarin.

"Sedangkan pada Jumat pagi ini, jalur di depan posko mudik PKS di Brebes arah Purwokerto mulai padat merayap," ujarnya.

Sementara antrean panjang kendaraan juga terlihat di sekitar exit tol Pejagan, dan bahkan sempat mengular hingga 4 kilomenter. "Diperkirakan, pada Jumat malam ini volume kendaraan akan semakin melonjak," tegasnya.

Wakil Ketua Komisi D DPRD Jawa Tengah, Hadi Santoso mengatakan, puncak arus mudik lebaran 2016 diprediksi akan berlangsung pada Sabtu (2/7) dan Ahad (3/7).

Karena itu, Hadi mengimbau kepada seluruh jajaran petugas pengaman terkait, di jalur yang dilalui pemudik untuk mengantisipasi lonjakan arus lalu lintas demi kelancaran mudjk Lebaran.

"Sehingga para pemudik akan merasa nyaman saat melakukan perjalanan jauh menuju kampung halaman masing- masing," tambahnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X