999 Polisi Amankan Mudik di Garut

Rep: Fuji E Permana/ Red: Winda Destiana Putri

 Selasa 28 Jun 2016 14:30 WIB

Polisi Foto: Republika/Yasin Habibi Polisi

REPUBLIKA.CO.ID, GARUT -- Polres Kabupaten Garut mengerahkan ratusan personel kepolisian untuk mengamankan jalur mudik. Polisi juga berjaga-jaga untuk mengantisipasi munculnya konflik sosial di wilayah selatan Kabupaten Garut.

Kabag Ops Polres Kabupaten Garut, Kompol Liman Heriawan mengatakan, Polres Garut mengerahkan 999 personel kepolisian untuk mengamankan arus mudik Lebaran. Personel sebanyak itu akan dibagi menjadi tiga kekuatan.

"Sekitar 60 persen personel akan ditempatkan di jalur Limbangan - Malangbong dan Kadungora - Leles - Cilawu, sisanya ditempatkan di wilayah selatan Garut," kata Kompol Liman kepada Republika, Selasa (28/6).

Ia menjelaskan, ratusan personel sebagian akan ditempatkan di jalur Limbangan - Malangbong. Sebagian lagi di jalur Kadungora - Leles - Cilawu. Kemudian sisanya sekitar 40 persen kekuatan personel akan ditempatkan untuk mengamankan wilayah selatan Garut.

Di wilayah selatan Garut, dikatakan Kompol Liman, ada tambahan personel dari Polda Jawa Barat (Jabar). Polda Jabar mengirim satu SSK Brimob untuk ikut mengamankan wilayah selatan. Jadi, pengamanan di wilayah selatan dititik beratkan di sektor pariwisata dan antisipasi gangguan ketertiban serta keamanan masyarakat.

"Pertama antisipasi karena banyak tempat wisata di sana, kami juga antisipasi konflik sosial yang kami harapkan tidak jadi masalah pidana," jelasnya.
 
Di sepanjang jalur mudik di wilayah hukum Polres Garut, terdapat 168 pos gatur dan 13 pospam. Satu pos terpadu ditempatkan di Lapangan Limbangan, di pos tersebut pemudik juga disediakan tempat untuk beristirahat. Sebab, jalur Limbangan - Malangbong merupakan jalur utama yang menghubungkan Bandung, Garut, Tasikmalaya, Ciamis hingga Jawa Tengah.

Polres Garut juga menyedikan pos pelayanan di wilayah Garut Kota. Kompol Liman menerangkan, akan banyak aktivitas masyarakat di wilayah kota karena banyak pusat perbelanjaan. Selain itu, disediakan juga 19 pos pantau wisata untuk menjaga ketertiban dan keamanan di lokasi wisata.

Kabupaten Garut lokasinya ada di tengah-tengah. Para pemudik bisa melintasi Garut menggunakan jalur utara, yakni Limbangan - Malangbong. Bisa juga menggunakan jalur selatan melewati Kadungora - Leles - Cilawu, kemudian memasuki Kabupaten Tasikmalaya.

(Baca juga: Suzuki Peduli Mudik Sediakan 50 Bengkel Siaga)

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X