Kemenhub Periksa Kelaikan 552 Pesawat Jelang Lebaran

Rep: Crystal Liestia/ Red: Dwi Murdaningsih

 Rabu 22 Jun 2016 15:23 WIB

Sejumlah pesawat milik maskapai Garuda Indonesia terparkir di areal Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten. Foto: Antara Sejumlah pesawat milik maskapai Garuda Indonesia terparkir di areal Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melakukan ramp check 552 pesawat terbang yang rencananya akan digunakan sebagai armada pelayanan penerbangan mudik lebaran.

"Kami sudah melakukan pemeriksaan sejak 27 Mei, hingga hari ini total ada 1.624 kali pemeriksaan di 35 bandara di seluruh Indonesia terhadap 552 pesawat," ujar Direktur Perhubungan Darat Suprasetyo di Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta, Rabu (22/6).

Sementara total 552 pesawat udara yang sudah diperiksa tersebut sudah termasuk pesawat cadangan. Adapun untuk angkutan lebaran tahun ini rencananya disediakan 529 pesawat udara. Sehingga pemeriksaan tersebut sudah melebihi pesawat yang disiapkan.

Pemeriksaan tersebut meliputi legal dan operasi pesawat. Kelaikan pesawat tersebut dilihat dari kondisi ban, rem, hingga frame. Termasuk pula pemeriksaan kondisi internal pesawat seperti kondisi air conditioner (AC)-nya hingga ketersediaan oksigennya.

"Kondisinya secara umum bagus semua. Hanya temuan-temuan kecil uang tidak signifikan dan bisa diperbaiki dengan segera. Kalau sebelumnya ada lima temuan major saat ini sudah diperbaiki semua dan sudah beroperasi lagi," katanya.

Suprasetyo menjelaskan diharapkan proses ramp check tersebut  dapat selesai pada 23 Juni besok. Sehingga dapat langsung dilaporkan kepada Menteri Perhubungan Ignasius Jonan.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Play Podcast X