Sabtu, 17 Rabiul Akhir 1441 / 14 Desember 2019

Sabtu, 17 Rabiul Akhir 1441 / 14 Desember 2019

 

Tol Pejagan-Brebes Timur Segera Dioperasikan

Selasa 14 Jun 2016 10:26 WIB

Rep: Rusdy Nurdiansyah/ Red: Bilal Ramadhan

Petugas berjaga saat dilakukan ujicoba pada jalan Tol seksi I dan II Pejagan-Brebes Timur , Brebes, Jawa Tengah, Senin (13/6).

Petugas berjaga saat dilakukan ujicoba pada jalan Tol seksi I dan II Pejagan-Brebes Timur , Brebes, Jawa Tengah, Senin (13/6).

Foto: Tahta Aidilla/Republika

REPUBLIKA.CO.ID, BREBES -- Jelang mudik lebaran Idul Fitri 2016, Tol Pejagan-Brebes Timur sudah bisa dilalui. Rencananya ruas tol sepanjang 20,2 Km ini akan diresmikan Presiden Joko Widodo dan akan operasikan pada pertengahan Juni 2016.

''Secara keseluruhan Ruas tol ini sudah layak untuk dilintasi,'' ujar Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Herry Trisaputra Zuna, saat meninjau kesiapan pengoperasian Tol Pejagan-Brebes Timur, di Brebes, Jawa Tengah (Jateng), Selasa (14/6).

Menurut Herry, dengan beropersinya tol Pejagan-Berebes Timur ini diharapkan akan membantu kelancaran arus mudik Lebaran. Pada Lebaran tahun lalu pintu keluar tol di Pejagan sangat padat namun tahun ini diperkirakan kemacetan berkurang.

"Kami prediksi kendaraan yang keluar pintu tol Pejagan untuk menuju jalur Selatan sekitar 30 persen dan yang keluar di pintu tol Brebes Timur sekitar 70 persen,'' tuturnya.

Saat ini, lanjut dia, tim yang bertugas melakukan penilaian kelayakan operasi tengah melaksanakan tugasnya untuk merekomendasi layak dioperasikan. Mereka merupakan tim gabungan dari BPJT, Kementrian Perhubungan (Kemenhub), Kepolisian, Kementerian PUPR, serta  Kementerian BUMN.

''Tim Layak Operasi dalam  menentukan sebuah tol bisa digunakan di antaranya adalah kekerasan jalan, kekesatan jalan, dan pengaman bagian jalan di pinggirnya. Penilaian dari Tim Layak Operasi juga bisa merekomendasikan keluarnya tarif tol. Masalah tarif menjadi wewenang Meneri PUPR. Diperkirakan besaran tarif tol dari Pejagan-Berebes Timur yakni Rp 20 ribu,'' jelas Herry.

Tol Pejagan-Brebes Timur merupakan Seksi I dan II yang merupakan bagian dari tol Pejagan-Pemalang yang memiliki panjang 57,50 Km. Pembangunan tol ini terdiri dari empat seksi yaitu Seksi I yakni Pejagan-Brebes Barat sepanjang 14,20 Km, Seksi II yakni Brebes Barat-Brebes Timur sepanjang 6 Km.

Untuk Seksi III yakni Brebes Timur-Tegal Timur sepanjanga 10,40 Km dan seksi IV yakni Tegal Timur-Pemalang sepanjang 26,90 Km. Jalan tol ini merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Jawa yang akan menghubungkan Merak, Banten hingga Banyuwangi, Jawa Timur. (Jatim).

''Tol Brebes Timur-Pemalang belum selesai pembangunannya. Brebes Timur-Tegal masih dalam pembangunan sedangkan Tegal-Pemalang masih dalam pembebasan lahan,'' pungkas Herry.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 

IN PICTURES