Jumlah Pemudik Pelabuhan Merak Menurun Drastis

Rep: Hilman Fauzi/ Red: Bilal Ramadhan

 Selasa 14 Jul 2015 13:52 WIB

Kendaraan pemudik antre saat akan masuk ke kapal roro untuk menyebrang ke Pulau Sumatera, di Pelabuhan Merak, Banten, Selasa (14/7) . Foto: Republika/Prayogi Kendaraan pemudik antre saat akan masuk ke kapal roro untuk menyebrang ke Pulau Sumatera, di Pelabuhan Merak, Banten, Selasa (14/7) .

REPUBLIKA.CO.ID, CILEGON – PT Angkutan Sungai dan Penyebrangan (ASDP) Indonesia Ferry Cabang Merak mencatat penurunan drastis pada empat hari jelang lebaran, jika dibandingkan tahun sebelumnya. Tercatat, penurunan jumlah pemudik di H-4 kurang lebih sebanyak 32 persen.

Tercatat, pada H-4 tahun ini pemudik yang menyebrang sebanyak 78.977 penyebrang, dengan rincian 14.187 pejalan kaki dan 64790 penyebrang dalam kendaraan. Berbeda dengan tahun lalu di hari yang sama mencapai 117.339 penyebrang, dengan rincian pejalan kaki sebanyak 21.113, dan penyebrang dalam kendaraan sebanyak 96.226 penyebrang.

Menurut Humas PT ASDP IF Mario S Utomo meski kemarin mengalami penurunan, namun secara keseluruhan sejak H-7 eskalasi pemudik mengalami kenaikan sebanyak 3 persen. “Meski H-4 mengalami penurunan dibandingkan tahu lalu, tai secara keseluruhan sejak H-7 masih tetap mengalami kenaikan,” ungkapnya.

Selain itu, Mario juga mengatakan, jika lonjakan akan tetap terjadi dibandingkan tahun lalu. Ia mengatakan, lonjakan akan terjadi malam ini hingga Rabu malam. “Lonjakan akan terjadi pada puncaknya, yaotu mala mini hingga besok malam,” katanya.

Menurut Pantauan, pada H-3 sejak pagi hingga siang ini, pemudik belum terlihat memadati Pelabuhan Merak, baru terlihat beberapa kendaraan pribadi yang mengatre untuk memasuki kapal. Namun, antrean tersebut masih normal dan belum memenuhi kantung parkir dermaga.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X