4.806 Orang Ikut Mudik Bareng Pertamina

Rep: Binti Sholikah/ Red: Dwi Murdaningsih

 Selasa 14 Jul 2015 13:16 WIB

pelepasan mudik bareng Pertamina. Foto: Pertamina pelepasan mudik bareng Pertamina.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA –  PT Pertamina (Persero) kembali mengadakan kegiatan Pertamax Enduro Bareng-Bareng Mudik (BBM). Program tersebut memberangkatkan 4.806 orang pemudik ke kampung halaman melalui jalur Selatan dan Utara Pulau Jawa serta Jalur Palembang di Pulau Sumatera.

Pertamax Enduro Bareng-Bareng Mudik merupakan agenda tahunan PT Pertamina (Persero). Tahun ini adalah yang kesembilan.  Para pemudik merupakan mitra kerja Pertamna, antara lain petugas SPBU, mekanik bengkel Enduro, pekerja pabrik Pelumas Pertamina, dan pekerja outsourcing Pertamina beserta keluarganya.

VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Wianda Pusponegoro mengatakan, sebagian besar mitra kerja tersebut berperan besar bagi kemajuan Pertamina. "Sebagai bentuk tanggung jawab sosial perusahaan, setiap tahun perusahaan memberikan kemudahan bagi mereka untuk pulang ke kampung halaman secara gratis saat Idul Fitri melalui program Pertamax Enduro Bareng-Bareng Mudik," jelasnya di sela-sela acara pemberangkatan di pintu selatan Gelora Bung Karno Senayan, Selasa (14/7).

Wianda menjelaskan, Pertamina menyiapkan 81 armada bus untuk 4.806 orang pemudik. Dari 81 bus tersebut, pemberangkatan dibagi menjadi tiga tahap. Sebanyak 65 bus memberangkatkan 3.906 orang pemudik pada Selasa melalui program Pertamax Enduro Bareng -Bareng Mudik. Sedangkan 10 bus memberangkatkan 570 orang pemudik yang tergabung dalam program Mudik Bareng BUMN pada Ahad (12/7). Sisanya 6 bis memberangkatkan 330 orang pemudik yang tergabung dalam program mudik bareng Kementerian ESDM. Menurutnya, jumlah pemudik Pertamax Enduro Bareng-Bareng Mudik tahun ini meningkat dari tahun lalu yang mencapai 4.200 orang.

Terdapat 26 kota di Jalur Utara Jawa, Jalur Selatan Jawa, dan Jalur Palembang yang menjadi tujuan para pemudik. Di Jalur Utara Jawa, rute yang dilalui yakni Jakarta-Cirebon-Tegal-Pemalang, Jakarta-Pekalongan-Semarang-Kudus, dan Jakarta-Rembang-Tuban-Lamongan-Surabaya. Kemudian, di Jalur Selatan Jawa rute yang dilalui meliputi Jakarta-Garut-Tasik-Ciamis-Banjar-Majenang, Jakarta-Yogya-Wonogiri, dan Jakarta-Solo-Madiun-Mojokerto. Sedangkan di Jalur Palembang, rute yang dilalui yakni Merak-Bakaheuni-Kalianda-Bandar Lampung-Kota Bumi-Baturaja-Palembang.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X