Puncak Arus Mudik di Solo Diprediksi Terjadi Esok

Red: Hazliansyah

 Selasa 14 Jul 2015 13:32 WIB

Sejumlah pemudik tujuan Jawa Tengah melintasi ruas Jalan Tol Pejagan-Pemalang yang gelap karena debu, Jawa Barat, Ahad (12/7).  (Republika/Raisan Al Farisi) Sejumlah pemudik tujuan Jawa Tengah melintasi ruas Jalan Tol Pejagan-Pemalang yang gelap karena debu, Jawa Barat, Ahad (12/7). (Republika/Raisan Al Farisi)

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Kepala Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Pemkot Surakarta Yosca Herman Sudrajad mengatakan, puncak arus mudik Lebaran di Terminal Bus Tirtonadi Solo diprediksikan akan terjadi mulai Selasa (14/7) malam sampai Rabu (15/7) siang.

"Sementara untuk sekarang masih normal meskipun juga ada kenaikan, tetapi masih dalam batas kewajaran," di sela-sela mendampingi Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo ketika meresmikan jalur khusus bus masuk ke Terminal Bus Tirtonadi Solo, Selasa.

Ia mengatakan dari H-7 sampai H-4 untuk bus yang masuk di Terminal Bus Tirtonadi Solo tercatat sebanyak 8.132 bus dengan menurunkan penumpang 100.588 orang, sementara bus yang berangkat tercatat 6.552 bus mengangkut 72.987 orang.

Dikatakan untuk bus ekstra Lebaran yang telah masuk di terminal tersebut tercatat 529 bus dengan menurunkan penumpang 19.119 orang. Bus ekstra Lebaran itu hampir seratus persen datang dari Jakarta dan daerah sekitarnya.

Yosca mengatakan untuk bus ekstra Lebaran itu sudah datang sejak H-7 ada 17 bus dengan menurunkan penumpang 365 orang, terus H-6 ada 91 bus dengan menurunkan penumpang4.453 orang, H-5 sebanyak 333 bus dengan menurunkan penumpang sebanyak 11.345 orang, dan H-4 ada 88 bus dengan menurunkan penumpang 2.956 orang.

Menyinggung mengenai bus ekstra Lebaran yang berangkat dari Solo menuju Jakarta, Yosca mengatakan sampai saat ini belum ada dan bus ekstra seperti ini biasanya terjadi setelah arus balik Lebaran.

Wali Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo dalam kesempatan tersebut meminta kepada para pengemudi bus dan pengguna jasa angkutan tersebut untuk berhati-hati karena situasi di jalan sekarang ini sangat padat kendaraan.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X