Senin, 21 Syawwal 1440 / 24 Juni 2019

Senin, 21 Syawwal 1440 / 24 Juni 2019

 

Puncak Arus Balik Diperkirakan H+3 dan H+4

Rabu 30 Jul 2014 12:30 WIB

Rep: c75/ Red: Bilal Ramadhan

 Sejumlah Kendaraan terjebak kemacetan cukup parah saat arus balik di Jl Raya Baru Kadungora, Kab Garut, Jawa Barat, Ahad (11/8).   (Republika/Adhi Wicaksono)

Sejumlah Kendaraan terjebak kemacetan cukup parah saat arus balik di Jl Raya Baru Kadungora, Kab Garut, Jawa Barat, Ahad (11/8). (Republika/Adhi Wicaksono)

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG-- Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jabar, Kombes Pol Djoko Rudi mengatakan puncak arus balik kendaraan roda empat dan dua diperkirakan Kamis (H+3) dan Jumat (H+4). Karena diketahui bersama, cuti bersama dilaksanakan Rabu dan Kamis.

"Sedangkan perkiraan kami, Sabtu dan Minggu merupakan waktu istirahat bagi pemudik untuk bekerja pada Seninnya," ujar Direktur Lalu Lintas (Dirlantas) Polda Jabar, Kombes Pol Djoko Rudi kepada Republika di Pospam Cikopo, Cikampek, Rabu (30/7).

Ia menuturkan saat arus balik kendaraan terjadi. Titik-titik yang perlu diatensi adalah titik jalur Pantura, khususnya Cirebon, tol Palikanci. Karena pada arus tersebut, khususnya di Brebes dan tol Palikanci pasti padat. "Dimungkinkan adanya penumpukan arus," katanya.

Menurutnya, jika arus mudik, titik kemacetan terjadi di Cikampek. Maka, arus balik terjadi di Palikanci. Selain itu, pihaknya mengaku sudah mengantisipasi dan mencermati pelaksanaan arus balik dengan menambah personel. "Dilokasi tersebut bekerja sama dengan Polda Jateng," katanya.

Djoko Rudi mengatakan pihaknya juga melaksanakan patroli dan  penambahan penguatan untuk mengantisipasi arus balik. Karena diperkirakan arus balik akan melonjak, sebab masyarakat yang biasa di Jakarta membawa rekan-rekannya. "Itu yang diantisipasi," katanya.

Berdasarkan data posko pengamanan Cikopo arus mudik dan balik 2014. Pada H+1, total kendaraan arus balik yang melewati jalur Pantura berjumlah 107,668 unit. Jalur Tengah ada 20,961 unit. Jalur Selatan ada 138,892 unit. Sementara, total kendaraan roda empat berjumlah 183,753 kendaraan roda empat. Dan kendaraan roda dua mencapai 83,768 unit. Total pada H+1, total kendaraan arus balik di wilayah Jabar mencapai 268,763 unit.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA