Masih Ada Arus Mudik Di Pantura

Rep: c85/ Red: Muhammad Hafil

 Selasa 29 Jul 2014 19:16 WIB

Kendaraan memadati ruas Tol Jakarta-Cikampek, Jawa Barat, Senin (5/8) malam. Jelang tengah malam, kawasan ini kembali dipadati kendaraan pemudik yang hendak menuju pantura. Foto: Republika/Yasin Habibi Kendaraan memadati ruas Tol Jakarta-Cikampek, Jawa Barat, Senin (5/8) malam. Jelang tengah malam, kawasan ini kembali dipadati kendaraan pemudik yang hendak menuju pantura.

REPUBLIKA.CO.ID, BREBES - Memasuki hari kedua Lebaran, arus mudik masih terjadi di pantura. Berdasarkan pantuan ROL di jalur pantura sepanjang Cirebon hingga Brebes, ruas jalan yang menuju ke arah timur masih terbilang padat. Dikonfirmasi di Pos Pengamanan Pejagan, Kanit Regiden Polres Brebes Iptu Muhammad Fadlan mengatakan bahwa arus mudik masih berlangsung hingga hari ini.

"Tuh lihat di gerbang tol Cikopo masih padat. Kemungkinan mereka akan sampai Brebes sore hingga malam ini," ujarnya sembari menunjuk ke layar monitor pantauan jalan tol. 

Menurut Iptu Fadlan, hal ini dikarenakan asumsi masyarakat yang beranggapan bahwa hari Lebaran di pantura akan sepi pemudik. "Nah ternyata yang berpikiran begitu ada banyak orang. Jadilah sekarang ramai lagi," tambahnya. Tolak ukur lainnya adalah banyaknya mobil dari arah barat yang masih membawa barang bawaan di atap mobil, layaknya orang mudik. 

Mengantisipasi kepadatan yang akan terjadi di pintu tol Pejagan, pihak kepolisian akan melakukan patroli urai di pintu keluar tol. "Namun kami tidak akan mengalihkan arus ke jalur selatan. Saat ini jalur selatan sudah sangat padat," jelas Iptu Fadlan. 

Tahun ini, kepadatan arus mudik di pantura mengalami kenaikan dua kali lipat dibanding tahun lalu. "Seperti disampaikan oleh Wamenhub, pantura tahun ini dua kali lebih padat," tambah Iptu Fadlan. 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X