Pemudik Kereta Api Naik 8 Persen

Rep: mas alamil huda/ Red: Muhammad Hafil

 Ahad 27 Jul 2014 22:54 WIB

Pemudik menunggu kereta di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (22/7). Foto: Yasin Habibi/Republika Pemudik menunggu kereta di Stasiun Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (22/7).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Jumlah pemudik melalui jalur kereta api dari Jakarta menuju Jawa Tengah dan Jawa Timur pada Idul Fitri 1435 H meningkat dibandingkan tahun sebelumnya. Prosentase kenaikan pemudik mencapai 8 persen hingga sehari sebelum Lebaran.

"Ada kenaikan 8 persen sampai dengan H-1 ini," kata Kepala Humas PT KAI Daerah Operasional I Agus Komarudin kepada Republika, Ahad (27/7).

Agus mengatakan, setiap hari PT KAI menyediakan 35.445 tempat duduk bagi para pemudik. Jumlah itu berasal dari semua kelas yang disediakan, mulai dari eksekutif, bisnis hingga kelas ekonomi.

Pada H-1, total ada 54 rangkaian kereta dan 14 kereta tambahan diberangkatkan dari semua stasiun yang ada di Jakarta. Sampai pukul 13.00 WIB, penumpang yang telah terangkut mencapai 17.121. Dan akan terus bertambah sampai keberangkatan kereta terakhir pukul 23.55 WIB.

Dia menambahkan, mayoritas pemudik berasal dari Jawa Tengah. Meski pemudik yang berhenti di Jawa Timur juga tidak bisa dibilang sedikit. "Sebagian besar (pemudik) berasal dari Jawa tengah," ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X