Pemudik dengan Kereta Api Meningkat

Rep: c71/ Red: Joko Sadewo

 Ahad 27 Jul 2014 22:34 WIB

PT KAI PT KAI

REPUBLIKA.CO.ID, PASAR SENEN -- Pada H-1 lebaran, PT KAI telah merilis perkembangan terbaru jumlah pemudik yang berangkat dari stasiun Pasar Senen, Jakarta Pusat. Hingga pukul 14.20 WIB, total keberangkatan kereta sebanyak 14 perjalanan dengan rincian 10 kereta reguler dan empat kereta tambahan. Total penumpang yang diangkut berjumlah 10.179 jiwa.

Sejak H-10 hingga H-2, PT KAI telah memberangkatkan 167.217 pemudik menuju tujuan masing-masing. Angka tersebut meningkat dari jumlah pemudik pada tahun 2013 untuk rentang waktu yang sama dengan jumlah 125.647 penumpang.

Kepala Humas DAOP 1 PT KAI, Agus Komarudin tidak ada lonjakan signifikan karena jumlah kursi per hari tidak berubah.

Sejak angkutan lebaran dioperasikan pada H-7 total pemudik yang berangkat dari stasiun berkisar di angka 20 ribu penumpang per hari. Dengan ketersediaan 18 ribu kursi per hari, praktis angka naik turunnya penumpang bergantung pada jumlah penjualan tiket anak di bawah tiga tahun yang tidak mendapat jatah kursi.

Total 29 perjalanan kereta berangkat dari stasiun Pasar Senen setiap hari dalam arus mudik kali ini. 14 rangkaian merupakan kereta reguler, sembilan rangkaian kereta tambahan lebaran, dan empat sisanya merupakan kereta yang berangkat dari stasiun lain melewati stasiun Pasar Senen.


BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X