Organda Siapkan 43 Ribu Armada Lebaran 2014

Rep: Maspriel Aries/ Red: Agung Sasongko

 Selasa 24 Jun 2014 10:53 WIB

Armada lebaran Foto: Antara Armada lebaran

REPUBLIKA.CO.ID, PALEMBANG -- Dewan Pimpinan Pusat Organisasi Angkutan Darat (DPP Organda) akan mempersiapkan armadanya untuk angkutan Idul Fitri 2014.

Ketua Umum DPP Organda Indonesia Ekasari Lorena mengatakan perusahaan angkutan yang tergabung dalam organisasi tersebut akan mempersiakan sebanyak 43.000 unit armada angkutan menghadapi mudik Idul Fitri pada akhir Juli nanti.

“Jumlah armada tahun ini meningkat sebesar 20 persen dibanding tahun lalu. Tahun 2013 lalu jumlah armada yang disiapkan untuk angkutan lebaran Idul Fitri sebanyak 23.000 armada untuk 5,3 juta pemudik yang menggunakan jalur darat. Armada angkutan darat  tersebut terdiri dari bus angkutan antar dalam provinsi dan antar lintas provinsi yang ada di seluruh Indonesia,” kata Ekasari, kemarin.

Ketua Umum DPP Organda itu memperkirakan tahun ini jumlah pemudik lebaran di Indonesia diperkirakan akan mencapai 6 juta jiwa. Kenaikan ini menurutnya, karena peningkatan jumlah kaum urban yang datang ke kota. Ekasari juga mengingatkan kesiapan jalur transportasi darat untuk menghadapi mudik lebaran tahun ini.

“Jalur Pantura sebagai contoh kasus, jalur ini tidak akan siap dilalui pemudik, sebab di beberapa lokasi tingkat kerusakan jalan masih tinggi sementara perbaikan masih belum selesai. Ditambah lagi adanya beberapa lokasi jalan yang rusak karena banjir,” katanya.

Berdasarkan pemantauannya di lapangan, jalur Pantura dari Jakarta menuju Surabaya bisa memakan wktu 25 jam. Padahal normalnya di bawah 20 jam. “Saya yakin jalur ini tidak akan siap untuk dilalui pada lebaran tahun ini,” ujar Ekasari.

Ekasari juga mengungkapkan, pemotongan anggaran pada Kementerian en Pekerjaan Umum yang mencapai sekitar 30 persen akan berdampak pada perbaikan infrastruktur jalan yang akan dilalui arus mudik lebaran. Ia menjelaskan, organisasi yang dipimpinnya dalam menghadapi  mudik lebaran tahun ini  telah melakukan kordinasi di seluruh Organda dari pengurus daerah hingga pengurus cabang dan menjalin kerjasama Kepolisian, Jasa Raharja, Kementerian Kesehatan, PT Pelindo dan BUMN terkait.

Sementara itu khusus untuk perusahaan bus yang dipimpinnya Lorena, perusahaan ini untuk menghadapi angkutan lebaran 2014 telah mempersiapkan 400 unit bus ditambah 50 unit bus baru dengan rute angkutan jumlah penumpang terbanyak berada di wilayah Jawa dan Sumatera.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Play Podcast X