Cikopo Padat Arus Lalu Lintas Dialihkan ke Jalur Tengah

Red: Taufik Rachman

 Rabu 07 Aug 2013 04:32 WIB

Sejumlah kendaraan keluar gerbang Tol Cikampek, Cikopo, Purwakarta, Jawa Barat. (ilustrasi) Foto: Antara/M Ali Khumaini Sejumlah kendaraan keluar gerbang Tol Cikampek, Cikopo, Purwakarta, Jawa Barat. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG--Aparat kepolisian dari Polres Purwakarta, Jawa Barat, mengalihkan arus ke jalur tengah melintasi Sadang, karena masih padatnya kendaraan yang keluar dari gerbang Tol Cikampek, Cikopo, Kabupaten Purwakarta, Selasa malam.

Dari pantauan, kepadatan arus kendaraan di sekitar gerbang Tol Cikampek pada H-2 Lebaran 2013 itu, mengakibatkan antrean panjang kendaraan yang akan keluar gerbang tol. Selain karena kepadatan di sekitar gerbang tol, pengalihan arus ke jalur tengah yang dilakukan petugas juga dilakukan karena kondisi simpang Jomin menuju jalur Pantura yang sudah padat.

Kendaraan dari gerbang Tol Cikampek yang menuju jalur Pantura melewati simpang Jomin itu sendiri sempat dialihkan di pertigaan Mutiara, melintasi bawah jembatan layang pasar Cikampek.

Tetapi karena kondisi masih padat menyusul masih "derasnya" kendaraan pemudik yang melintas, petugas pun melakukan pengalihan arus di depan gerbang Tol Cikampek, dengan mengarahkan arus ke jalur tengah.

Informasi yang berhasil dihimpun, dibandingkan dengan dengan Selasa siang hingga sore, pada malam ini kondisi arus lalu lintas cukup mengalami lonjakan.

Sehingga dilakukan pengalihan arus ke jalur tengah, melewati Sadang-Subang-Cikamurang.
Sementara itu, sebanyak 164.663 unit kendaraan dari arah Jakarta dan sekitarnya keluar dari gerbang Tol Cikampek selama H-7 sampai H-3 Lebaran 2013.

Ratusan ribu kendaraan yang keluar dari gerbang Tol Cikampek tersebut melintas menuju jalur Pantura dan jalur tengah arah Purwakarta.

Sesuai dengan catatan gerbang Tol Cikampek, dari 164.663 unit kendaraan yang keluar gerbang tol tersebut, sebanyak 25.434 unit kendaraan diantaranya keluar pada H-7 Lebaran.

Kemudian pada H-6 Lebaran kendaraan yang keluar gerbang tol Cikampek tersebut sebanyak 34.187 unit, dan sebanyak 33.061 unit kendaraan yang melintas pada H-5 Lebaran.

Selanjutnya pada H-4 Lebaran tercatat sebanyak 33.760 unit kendaraan keluar dari gerbang
Tol Cikampek dan pada H-3 Lebaran tercatat 38.221 unit kendaraan yang melintas, menuju jalur Pantura dan jalur tengah arah Purwakarta.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X