Jalinsum Bakauheni-Bandarlampung Ramai Malam Hari

Red: Yudha Manggala P Putra

 Rabu 07 Aug 2013 00:30 WIB

Sejumlah pengendara motor dan mobil memadati kapal Ferry tujuan pelabuhan Bakauheni, di Pelabuhan Merak, Banten, Minggu (21/8). Foto: Antara Sejumlah pengendara motor dan mobil memadati kapal Ferry tujuan pelabuhan Bakauheni, di Pelabuhan Merak, Banten, Minggu (21/8).

REPUBLIKA.CO.ID, BAKEHENI -- Suasana jalan lintas Sumatera atau Jalinsum sepanjang sekitar 100 kilometer dari Pelabuhan penyeberangan Bakauheni di Kabupaten Lampung Selatan hingga Kota Bandarlampung masih ramai kendaraan arus mudik Lebaran 2013 pada malam hari.

Dari pantauan di lapangan sepanjang Selasa petang hingga menjelang tengah malam, menunjukkan ramainya kendaraan itu terutama yang turun dari kapal menuju Kota Bandarlampung untuk selanjutnya mereka meneruskan perjalanan ke berbagai daerah, baik di Provinsi Lampung maupun provinsi lainnya di Pulau Sumatera.

"Lalu lintas yang ramai terutama yang menuju arah utara atau dari Bakauheni ke Bandar Lampung, sebaliknya dari
Bandarlampung menuju Bakauheni relatif lebih sedikit dan lalu lintas lancar," kata pengemudi asal Lampung tujuan Jakarta, Rudy (45) saat ditemui di Bakauheni.

Petugas di Pelabuhan penyeberangan Bakauheni juga mengemukakan, jumlah penumpang yang turun dari kapal sepanjang Selasa siang hingga malam relatif sudah jauh menurun dibandingkan dengan hari-hari sebelumnya.

"Seperti biasa kalau arus mudik, jumlah penumpang yang ramai adalah yang turun dari kapal, sedangkan penumpang arus balik yang ramai adalah yang akan naik ke kapal menuju Pulau Jawa," kata seorang petugas.

Iring-iringan kendaraan, terutama kendaraan pribadi nampak sering terjadi dan harus berjalan perlahan dan beriringan setiap kali baru turun dari kapal.

Khusus lalu lintas di Jalinsum Bandarlampung-Bakauheni, pada Selasa malam selain kendaraan roda empat yang didominasi kendaraan pribadi juga masih terlihat cukup banyak pemudik yang menggunakan sepeda motor.

Hal itu terlihat dari banyaknya kendaraan roda dua yang berplat kendaraan B (Jakarta) atau A (Banten) yang melintas.

sumber : Antara
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini

Berita Lainnya

Play Podcast X