Wednesday, 6 Jumadil Awwal 1444 / 30 November 2022

1.001 Alquran Amanah Takaful Semarakkan Malam Nuzulul Quran di Desa Banjarejo

Rabu 20 Apr 2022 09:29 WIB

Red: Irwan Kelana

Amanah Takaful berkolaborasi dengan pemerintahan Desa Banjarejo menggelar acara peringatan Malam Nuzulul Quran di Lapangan Giri Setra, Kebumen, Senin  (18/4).

Amanah Takaful berkolaborasi dengan pemerintahan Desa Banjarejo menggelar acara peringatan Malam Nuzulul Quran di Lapangan Giri Setra, Kebumen, Senin (18/4).

Foto: Dok Amanah Takaful
Ini kelanjutan program membumikan Alquran di Jateng melalui lahirnya Kampung Alquran.

REPUBLIKA.CO.ID, KEBUMEN -- Lebih 1.500 warga yang berasal dari Desa Banjarejo dan enam  desa lainnya di Kecamatan Puring, Kabupaten Kebumen,  tumpah ruah menghadiri peringatan Malam Nuzulul Qur'an di Lapangan Giri Setra, Senin  (18/4/2022). Acara yang merupakan kolaborasi bersama Amanah Takaful dengan pemerintahan Desa Banjarejo adalah kelanjutan program membumikan Alquran di Jawa Tengah melalui lahirnya Kampung Alquran

Diawali dari siang hari dengan berbagai perlombaan Ramadhan dan penampilan kesenian Islaman, acara yang bertajuk "Menuju Kampung Barokah untuk Kebumen Berakhlak Bersama Rakyat" tersebut dimeriahkan juga dengan pemasangan 1.001 oncor atau obor tradisional yang menghiasi jalan-jalan Desa Banjarejo.

"Ini adalah bentuk luapan suka cita masyarakat dengan hadirnya bulan Ramadhan sekaligus upaya bersama mewujudkan Banjarejo sebagai Kampung Barokah setelah sebelumnya dinobatkan sebagai Kampung Pancasila", Ujar H  Agus Istikmal, ketua panitia, ketika memberikan keterangannya di sela kegiatan acara.

Hadir juga dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati Kebumen Ristawati Purwaningsih, Camat Puring Akhmad Ngaisom, Kepala Desa Banjarejo Sambiyo, para Kepala Desa serta Jajaran Muspida dan Muspika Kecamatan Puring Kabupaten Kebumen.

photo
Amanah Takaful melakasanakan program Tebar 1.001 Alquran di Desa Banjarejo, dalam rangkaian acara peringatan Malam Nuzulul Quran, Senin  (18/4/2022).  (Foto: Dok Amanah Takaful)
Dalam sambutannya, Ristawati mengungkapkan bahwa program Tebar 1001 Alquran di Desa Banjarejo ini adalah bagian dari gerakan moral perbaikan akhlak bangsa. "Tentu menjadi modal penting bagi pemerintah Kabupaten Kebumen. Ketika secara moral dan keagamaan masyarakat telah terbina dengan baik. maka pembangunan yang sifatnya fisik akan dirasa lebih mudah termasuk dalam mendukung program-program nasional," ungkap Ristawati seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Direktur Amanah Takaful Ade Abdurachman juga mengapresiasi panitia serta masyarakat yang hadir dengan antusias sejak siang hingga malam hari, "Saya mengucapkan terimakasih atas kerja keras panitia yang telah sukses menyelenggarakan serta mampu mengumpulkan ribuan masyarakat yang telah lama merindukan hadirnya program Alquran di Desa Banjarejo.  Semoga visi kita menjadikan Kebumen Semarak dapat segera terwujud,” ujar Ade Abdurachman saat menyerahkan secara simbolik 1.001 Alquran Amanah Takaful.

Menjelang sore, acara dilanjutkan dengan penyerahan hadiah kepada para pemenang lomba serta santunan anak-anak Yatim perwakilan beberapa desa di Kecamatan Puring. Sebagai sajian pengantar berbuka puasa, hadir pula Bapak Drs  Mohamad Amin MPI yang juga merupakan dekan Universitas Sains Ilmu Al-Quran (UNSIQ) Wonosobo untuk memberikan tausiyah singkat tentang rahasia sains di dalam Alquran.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA