Friday, 15 Jumadil Awwal 1444 / 09 December 2022

Anies: JIS akan Dikelola dengan Baik dari Sisi Komersial

Rabu 20 Apr 2022 05:38 WIB

Red: Ilham Tirta

Aktivitas pengerjaan pembangunan Jakarta International Stadium (JIS), Kawasan Papanggo, Tangjung Priuk, Jakarta Utara, Selasa (21/12). Stadion terbesar di Asia yang dirancang sesuai standar Federation Internationale de Football Association (FIFA) tersebut mampu menampung 82.000 penonton.

Aktivitas pengerjaan pembangunan Jakarta International Stadium (JIS), Kawasan Papanggo, Tangjung Priuk, Jakarta Utara, Selasa (21/12). Stadion terbesar di Asia yang dirancang sesuai standar Federation Internationale de Football Association (FIFA) tersebut mampu menampung 82.000 penonton.

Foto: Republika/Thoudy Badai
JIS akan digunakan untuk berbagai kegiatan selain sepak bola.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan memandang Jakarta International Stadium (JIS) perlu pengelolaan yang baik dari sisi komersial. Hal itu memungkinkan biaya yang dikeluarkan ketika stadion itu digunakan untuk berbagai kegiatan bisa dipertanggungjawabkan.

"Tentu salah satu yang dikerjakan adalah dengan mengelola ini secara komersial sehingga bisa dipertanggungjawabkan dan harapannya akan ada pemasukan yang cukup ketika ini digunakan untuk berbagai kegiatan," kata Anies kepada wartawan di Jakarta Utara, Selasa (19/4/2022), malam.

Baca Juga

Sebelumnya, Anies pernah berujar kalau JIS bisa menjadi penggerak perekonomian dan bisa mendorong kemajuan kawasan utara Jakarta. Pembangunan infrastruktur itu tidak hanya di stadion saja, tetapi juga menggerakkan kawasan di sekitarnya.

"Kami berharap menjadi mesin penggerak untuk menggerakkan perekonomian, untuk mendorong kemajuan, dan harapannya berdampak pada seluruh kawasan utara Jakarta," kata Anies melalui kanal YouTube pribadinya di Jakarta, Senin (28/3/2022).

Mengingat JIS berada persis di samping kawasan Ancol, dan juga akan terintegrasi dengan tujuan wisata itu, Anies mengajak membayangkan bagaimana JIS kelak akan menjadi motor penggerak untuk kawasan sekitarnya. Baru-baru ini, disebutkan juga kalau sedang ada kerja sama yang dijajaki untuk menjadikan JIS sebagai tempat perhelatan konser grup pop terkenal asal Korea Selatan Bangtan Boys (BTS) pada tahun 2022.

Menurut Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Perseroda), Widi Amanasto, hal itu tidak mustahil karena JIS memang dirancang bukan sebagai stadion sepak bola biasa, melainkan juga arena untuk beragam tujuan penggunaan (multipurpose venue). Disebutkan pula bahwa JIS dilengkapi dengan sistem audio (sound system) berteknologi canggih yang mendukung konser-konser besar.

Sistem audio tersebut juga didukung dengan atap yang bisa buka dan tutup. "Atap ditutup, jadi suaranya sangat bagus, karena pakai sound system canggih, sudah diperhitungkan," kata Widi di JIS pada 22 Oktober 2021, lalu.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA