Selasa 19 Apr 2022 23:50 WIB

Jaring Potensi Mahasiswa Pemograman, Pendaftaran Hackathon 2022 Resmi Dibuka

Peran mahasiswa khususnya dari studi pemograman pun kian dibutuhkan.

Ilustrasi pemograman untuk digitalisasi.
Foto: www.freepik.com
Ilustrasi pemograman untuk digitalisasi.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Transformasi teknologi menuju dunia digital terus didorong oleh semua pihak. Di dalam negeri, peran mahasiswa khususnya dari studi pemograman pun kian dibutuhkan.

Dikutip dari Antara, Selasa (18/4/2022), Indonesia saat ini sudah memiliki 11 Unicorn, namun Indonesia membutuhkan lebih banyak lagi. Tapi tidak hanya di level Unicorn, pada level soonicorn (Soon to be Unicorn). Untuk mencapai ini, maka diperlukan tenaga-tenaga ahli di bidang pemograman yang mumpuni.

Baca Juga

Untuk menjaring bakat-bakat tersebut, Hackathon, sebuah kompetisi pemograman dengan waktu yang ditentukan pun kerap digelar. Seperti Hackathon dengan tema 'Building And Empowering Indonesia', dengan slogan Peran Mahasiswa dalam Pembangunan Indonesia melalui Mobile App Inovatif yang diselenggarakan Sahabat Ganjar.

"Event Hackathon nantinya akan digelar pada 8 Mei 2022, Kompetisi ini bisa diikuti oleh mahasiswa yang berdomisili di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.  Bagi kalian yang memiliki minat dan jiwa bersaing di bidang Progammer dan Develope, kalian bisa mendaftar secara gratis atau tanpa biaya," ujar Indah Cahyani selaku Humas kegiatan tersebut, Selasa (18/4/2022).

Ia menjelaskan, pendaftaran telah dibuka secara daring, mulai dari 18 April sampai 3 Mei 2022. Total Hadiah yang ditawarkan, kata dia, yaitu sebesar Rp. 22.500.000 dan Laptop Macbook Pro.

Menurut dia, untuk jadi peserta Hackathon ini harus memenuhi sejumlah syarat. Itu adalah, Mahasiswa/i aktif setingkat D3, D4, S1. Kemudian setiap universitas boleh mengirimkan lebih dari satu tim, adapun satu tim beranggotakan tiga orang, dan peserta wajib mengikuti seminar," kata dia.

"Segera daftarkan tim kalian melalui website Sahabat Ganjar https://sahabatganjar(dot)com/hackathon2022, para peserta juga wajib mengirimkan proposal yang nantinya dipresentasikan di depan tim juri. Kalian harus mengirimkan dengan format file doc atau docx ke email dpp@sahabatganjar(dot)id dengan: Subject:Hackathon22_NamaTim_NamaKampus. Jika kalian membutuhkan informasi lebih lanjut mengenai event Hackathon, bisa menghubungi 0899-7558-8823 (Admin 1) dan 0812-9253-0354 (admin 2)," kata Indah.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement