Selasa 19 Apr 2022 23:32 WIB

Indonesia Turut Semarakkan Vietnam Expo 2022 di Hanoi

Vietnam Expo peluang Indonesia perkenalkan produk dan jasa dalam negeri

Rep: Fergi Nadira/ Red: Nashih Nashrullah
Bendera Vietnam. Vietnam Expo peluang Indonesia perkenalkan produk dan jasa dalam negeri
Foto: AFP
Bendera Vietnam. Vietnam Expo peluang Indonesia perkenalkan produk dan jasa dalam negeri

REPUBLIKA.CO.ID, HANOI – Indonesia turut berpartisipasi terselenggaranya Vietnam Expo ke-31 pada 13-16 April 2022 di Hanoi, Vietnam. Vietnam Expo 2022 menghadirkan 410 perusahaan multinasional dan 380 paviliun dari 15 negara.

Bagi Indonesia, pameran ini merupakan peluang untuk meningkatkan akses pasar produk dan jasa Indonesia di Vietnam. Paviliun Indonesia pun menampilkan berbagai sektor produk dan jasa dari 12 perusahaan Indonesia. 

Baca Juga

Mereka di antaranya ada di bidang properti, material konstruksi, pakan ternak, pendidikan, farmasi, baterai kering dan hibrida serta makanan dan minuman. 

Bagi perusahaan yang sudah cukup lama hadir di Vietnam seperti Citra Westlake City Development Co., Ltd,  Thang Long Cement Joint Stock Company–Semen Indonesia Grou,  Japfa Comfeed Vietnam Co., Ltd, kegiatan ini untuk semakin memantapkan kehadiran mereka di Vietnam. 

Bagi sejumlah perusahaan Indonesia lainnya, pameran ini merupakan ajang untuk memperkenalkan produk-produk yang relatif baru, dan menambah jaringan distribusi. 

Tidak kalah unik adalah kehadiran sekolah khusus penerbang yang berhasil meraup perhatian pengunjung selama berlangsungnya Expo, sekaligus terhubung dengan jejaring mitra potensial. Pertumbuhan sektor penerbangan Vietnam diprediksi tertinggi di kawasan Asia Tenggara.

"Vietnam Expo 2022 merupakan yang pertama diselenggarakan secara fisik, setelah dua tahun berlangsung secara daring akibat pandemi Covid-19," ujar Duta Besar RI untuk Vietnam, Denny Abdi dalam rilis pers Kementerian Luar Negeri RI, Selasa (19/4/2022). 

Selama empat hari pelaksanaan Vietnam Expo 2022, Paviliun Indonesia berhasil membukukan capaian potensi transaksi sebesar 1,65 juta dolar AS atau sekitar Rp 23,7 miliar. Dari sini, Indonesia juga memperluas jejaring bisnis antara eksportir Indonesia dan mitra potensial Vietnam. 

"Keikutsertaan Indonesia di ajang Vietnam Expo 2022 diharapkan dapat memberikan manfaat yang optimal dalam mendorong peningkatan perekonomian Indonesia," ujar Dubes Denny Abdi.  

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement