Jamuan Iftar Massal di Mesir Disajikan di Meja Panjang

Rep: mgrol135/ Red: Ani Nursalikah

Selasa 19 Apr 2022 17:29 WIB

Suasana buka puasa puasa bersama di Mesir. Jamuan Iftar Massal di Mesir Disajikan di Meja Terpanjang Foto: Alrabiya Suasana buka puasa puasa bersama di Mesir. Jamuan Iftar Massal di Mesir Disajikan di Meja Terpanjang

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Umat Islam berkumpul di meja yang berada di sepanjang jalan distrik Matariya timur laut ibu kota Mesir, Kairo pada hari ke-15 Ramadhan untuk berbuka puasa bersama dalam jamuan iftar massal.

Adegan indah ini mempertemukan ribuan Muslim dan Kristen saat acara tersebut diadakan di tengah periode puasa Ramadhan. Penyelenggara percaya acara ini dimaksudkan untuk membawa persatuan di antara orang-orang dari latar belakang yang berbeda mulai dari kebangsaan dan agama.

Baca Juga

“Ide meja (buka puasa) bukan hanya untuk makan dan minum, sekitar 3.000 orang berbagi meja yang sama dengan agama dan kebangsaan yang sama dan makan bersama pada waktu yang sama,” kata sang penyelenggara Ihab El-Shah, dilansir Africa News, Selasa (19/4/2022), 

 

Sekitar 6.000 orang di lingkungan ini berpartisipasi dalam acara penuh warna yang penuh dekorasi ini. Masyarakat sekitar juga hadir untuk menikmati makanan dan suasananya.

 

"Mejanya tidak dikhususkan untuk orang tertentu, itu untuk semua orang, semua tetangga dan anak-anak mereka dapat berpartisipasi, siapa pun yang lewat jalan bisa bergabung di meja," kata seorang warga.

Otoritas kesehatan pada awalnya mengarahkan para gubernur untuk menerapkan tindakan pencegahan dan penularan virus corona untuk menjaga keselamatan dan kesehatan warga selama bulan suci Ramadhan. Kairo mulai menerima permintaan untuk Mawaid el-Rahman (buka puasa amal), Ramadhan ini setelah jeda dua Ramadhan karena Covid-19.

"Virus corona membuat kami tidak bisa menghadiri (meja buka puasa) setiap tahun, banyak orang yang dulu datang ke sini dari berbagai daerah untuk berbuka puasa, tidak hanya meja (buka puasa) ini tetapi juga ke meja (buka puasa) lainnya," ucap seorang warga.

 

Saat adzan Maghrib, meja-meja besar dengan berbagai macam makanan disiapkan bagi siapa saja untuk hadir secara gratis. Biasanya, para tamu adalah orang miskin atau mereka yang belum pulang tepat waktu.

https://www.africanews.com/2022/04/18/egyptians-celebrate-ramadan-with-the-longest-free-iftar-table/