Selasa 19 Apr 2022 13:11 WIB

Dishub dan Dinkes DKI Bakal Buka Vaksinasi Booster di Tujuh Terminal

Posko vaksinasi booster diadakan di Terminal Pulogebang hingga Muara Angke.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Sejumlah warga antre untuk vaksinasi Covid-19 dosis ketiga (booster) di posko vaksinasi Terminal Bus Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Ahad (17/4/2022).
Foto: ANTARA/Aditya Pradana Putra
Sejumlah warga antre untuk vaksinasi Covid-19 dosis ketiga (booster) di posko vaksinasi Terminal Bus Kampung Rambutan, Jakarta Timur, Ahad (17/4/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dinas Perhubungan (Dishub) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) DKI Jakarta berencana membuka layanan vaksinasi dosis ketiga (booster) di tujuh terminal yang melayani angkutan Lebaran 2022. "Direncanakan untuk keseluruhan terminal yang dioperasionalkan untuk angkutan Lebaran, akan dilakukan untuk pemberian vaksin booster," kata Kepala Bidang Angkutan Jalan Dishub DKI, Yayat Sudrajat di Jakarta, Selasa (19/4/2022).

Saat ini, lanjut dia, baru Terminal Kampung Rambutan yang sudah siap melayani vaksinasi booster. Pihaknya juga akan melibatkan jajaran suku dinas di wilayah operasi terminal untuk mendukung vaksinasi booster. Adapun tujuh terminal yang melayani angkutan antarkota antarprovinsi (AKAP) di Jakarta, yaitu Terminal Pulogebang, Kampung Rambutan, Kalideres, Tanjung Priok, serta terminal bantuan Lebak Bulus, Grogol, dan Muara Angke.

Dishub DKI, sambung dia, melaksanakan vaksinasi booster di semua terminal itu di posko angkutan Lebaran yang mulai dibuka rencananya pada Senin (25/4/2022) hingga arus balik pada Senin (9/5/2022). Selama periode itu, kata Yayat, juga dilakukan pemeriksaan kelaikan kendaraan dan kesehatan pengemudi bus. "Pengecekan kendaraan dan pemeriksaan kesehatan pengemudi sudah kami lakukan sejak awal April 2022," ujarnya.

Untuk pengemudi, pihaknya menggelar tes urine dan kesiapan fisik pengemudi. Apabila dokter merekomendasikan pengemudi tidak layak berangkat, pengemudi tersebut tidak dapat mengoperasikan bus.

Kepala Dinkes DKI Widyastuti meminta warga atau pemudik untuk jauh hari melakukan vaksinasi booster tanpa harus menunggu dilakukan di terminal. Hal itu untuk mengantisipasi potensi dampak setelah dilakukan vaksinasi ketika sedang dalam perjalanan. "Kami berharap jangan menunggu di hari keberangkatan, kami mengimbau warga untuk vaksinasi booster tidak karena mau mudik saja," ucapnya di Jakarta, Kamis (14/4/2022).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement