Selasa 19 Apr 2022 13:03 WIB

Catatan Aurora Paling Awal Ditemukan di Naskah Kuno China

Naskah cahaya 5 warna yang diartikan sebagai aurora mungkin terjadi pada 977-957 SM.

Rep: mgrol136/ Red: Dwi Murdaningsih
Ilustrasi aurora. Ilmuwan mungkin telah menemukan catatan paling awal mengenai aurora dalam sejarah China.
Foto: Australiaplus.com/Caitlin Gordon
Ilustrasi aurora. Ilmuwan mungkin telah menemukan catatan paling awal mengenai aurora dalam sejarah China.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ilmuwan mungkin telah menemukan catatan paling awal mengenai aurora dalam sejarah China. Marinus Anthony van der Sluijs, peneliti independen yang berbasis di Kanada, dan Hisashi Hayakawa dari Universitas Nagoya, menjelaskan penemuan yang dipublikasikan dalam jurnal Advances in Space Research baru-baru ini.

Sebuah peristiwa langit yang disebutkan dalam teks China kuno ternyata menjadi referensi tertua yang diketahui tentang calon aurora. Catatan ini lebih awal 3 abad dibandingkan kandidat aurora yang pernah diketahui. 

Baca Juga

The Bamboo Annals, atau Zhushu Jinian dalam bahasa Mandarin, mencatat sejarah China dari legenda paling awal hingga abad ke-4 SM. Selain peristiwa sejarah, pengamatan langit yang aneh kadang-kadang muncul dalam teks. 

Terlepas dari kenyataan bahwa para sejarawan telah mengetahui tentang kronik ini sejak lama, pandangan baru pada dokumen-dokumen lama semacam itu terkadang dapat memberikan wawasan baru yang mengejutkan.

Penulis meneliti "cahaya lima warna" yang diamati di langit utara pada malam menjelang akhir masa pemerintahan raja Zhao dari dinasti Zhou. Meskipun tahun sebenarnya tidak diketahui, mereka menggunakan rekonstruksi kronologi China baru-baru ini untuk menghasilkan tahun 977 dan 957 SM sebagai tahun yang paling masuk akal.

Rekor "cahaya lima warna" ditentukan untuk konsisten dengan badai geomagnetik besar. Saat aurora di pertengahan garis lintang cukup terang. Peristiwa itu bisa membuat pertunjukan warna-warni. 

Para peneliti menyebutkan contoh lain dari dokumen sejarah yang jauh lebih baru. Pada pertengahan abad ke-10 SM, kutub magnet utara bumi diketahui miring ke sisi Eurasia, kira-kira 15° lebih dekat ke China tengah daripada saat ini. 

Akibatnya, pengamat di China tengah mungkin telah melihat oval aurora selama masa gangguan magnet yang besar. Menurut penelitian, batas ekuator aurora oval akan ditempatkan pada garis lintang magnetik 40° atau kurang pada hari itu.

Ini akan menjadi catatan aurora tertua yang diketahui dari lokasi mana pun di planet ini. Penemuan ini terjadi hanya dua tahun setelah pemegang rekor kemungkinan aurora tertua yang diukir pada tablet paku oleh astronom Asyur antara 679 dan 655 SM. 

Beberapa ilmuwan telah menghubungkan visi Yehezkiel yang saat ini bertanggal 594 atau 593 SM, dengan visibilitas aurora di Timur Tengah. Ada pula catatan data lain dari calon aurora awal telah ditemukan pada 567 SM dalam buku harian astronomi raja Babilonia Nebukadnezar II.

Mengapa butuh waktu lama bagi para ilmuwan untuk mengenali aurora dalam cahaya lima warna entri kronik ini? 

Salah satu penyebabnya adalah sejarah penuh gejolak dari naskah Bamboo Annals. Naskah asli menghilang dan ditemukan kembali pada abad ke-3 M, kemudian menghilang lagi selama dinasti Song. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement