Masjid di London Timur Bagikan 500 Makanan Buka Puasa Selama Ramadhan

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Muhammad Hafil

Selasa 19 Apr 2022 08:00 WIB

Masjid di London Timur Bagikan 500 Makanan Buka Puasa Selama Ramadhan. Foto:   Masjid Ramadan di Hackney, distrik di timur London, Inggris. Foto: muslimsinbritain Masjid di London Timur Bagikan 500 Makanan Buka Puasa Selama Ramadhan. Foto: Masjid Ramadan di Hackney, distrik di timur London, Inggris.

REPUBLIKA.CO.ID,LONDON–Salah satu masjid terbesar di Eropa. Masjid London Timut menyajikan lebih dari 500 makanan buka puasa setiap hari selama Ramadhan setelah pencabutan pembatasan Covid-19 di Inggris. Setelah jeda dua tahun pandemi, masjid-masjid di seluruh Inggris telah memulai kembali pertemuan buka puasa bersama hingga sholat tarawih. 

Di Masjid London Timur, makanan berbuka puasa dimasak di tempat dan dibagikan kepada lebih dari 500 orang, tanpa memandang agama. Mereka duduk bersama untuk berbagi makanan saat matahari terbenam setiap hari.

Baca Juga

Dilansir dari Arab News, Senin (18/4/2022), setiap kelebihan makanan juga dikirim ke tempat penampungan tunawisma dan hostel untuk menghindari pemborosan dan menyebarkan niat baik selama bulan suci yang terkait dengan amal, belas kasihan dan kebaikan.

Makanan yang didanai dari sumbangan para dermawan ini terdiri dari kurma, hidangan utama seperti biryani, salad, lauk seperti sepotong ayam, dan sebotol air. Kampanye Ramadhan 2022 ELM (East London Mosque) berpusat pada rasa syukur dan syukur dan mendorong umat Islam untuk menunjukkan penghargaan mereka kepada Tuhan dengan meningkatkan tindakan amal dan sumbangan mereka.

 “Kampanye Ramadhan tahun ini di masjid disebut 'Hitung Berkah Kita'. Ini untuk mengakui betapa beruntungnya kita, tidak hanya setelah dua tahun Covid-19 tetapi juga ketika orang lain di dunia menghadapi penindasan dan kesulitan," kata Dilowar Khan,  direktur keuangan masjid.

ELM yang menggabungkan Pusat Muslim London dan Pusat Maryam, juga bekerja dengan mitra amalnya untuk memastikan makanan berbuka puasa disediakan secara internasional kepada yang paling membutuhkan.

“Masjid London Timur dan Pusat Muslim London akan terus membantu mendukung mereka yang membutuhkan selama Ramadhan dan seterusnya, sebaik yang kami bisa untuk memastikan kami menjunjung tinggi nilai-nilai dan prinsip-prinsip iman Islam kami,” kata Khan.

Masjid juga menjalankan bank makanan yang didirikan pada awal pandemi bagi mereka yang berjuang untuk memberi makan diri mereka sendiri dan keluarga mereka.

Banyak orang di London menjadi pengangguran karena tindakan penguncian memberi tekanan pada bisnis.  Dan sejak pembatasan dicabut, kenaikan biaya bahan bakar, inflasi dan dampak perang di Ukraina membuat banyak orang tidak dapat lepas dari lingkaran setan kemiskinan.

Bank makanan ELM juga mengklaim mendukung lebih dari 100 keluarga lokal yang rentan. “Kami telah melihat angka ini terus meningkat dengan kenaikan tajam dalam biaya hidup, energi dan harga pangan,” kata Sufia Alam, kepala program dan Maryam Center.

Menurut Sufia, untuk memastikan keluarga memiliki cukup makanan selama bulan suci, masjid menyiapkan dan mendistribusikan karung makanan dengan bekal sekitar dua minggu yang berisi makanan halal. 

“Kami ingin memastikan keluarga tidak berjuang di bulan Ramadhan dengan menyebarkan cinta, dan mereka memiliki cukup makanan di atas meja,"katanya. 

Alam mengatakan masjid itu terbuka untuk semua orang dan berusaha membantu siapa saja yang membutuhkannya. “Masjid terus mendukung lebih dari 200 keluarga pengungsi yang tinggal di wilayah Tower Hamlets dengan makanan dan pakaian,” katanya.

“Kami juga telah membantu orang-orang yang terjebak di berbagai bagian negara tanpa kebutuhan.  Kami tidak menolak orang, dan mencoba membantu semua orang,"tambahnya.