Thursday, 7 Jumadil Awwal 1444 / 01 December 2022

Pemudik Jangan Khawatir, PT KAI Pastikan Seluruh Kereta dalam Kondisi Baik

Selasa 19 Apr 2022 06:43 WIB

Rep: Flori Sidebang/ Red: Andri Saubani

Sejumlah teknisi memperbaiki mesin pendingin kereta api di Balai Yasa Surabaya Gubeng, Surabaya, Jawa Timur, Senin (11/4/2022). Perbaikan-perbaikan kereta api di Balai Yasa Surabaya Gubeng tersebut untuk mempersiapkan armada kereta api dalam angkutan Lebaran 2022.

Sejumlah teknisi memperbaiki mesin pendingin kereta api di Balai Yasa Surabaya Gubeng, Surabaya, Jawa Timur, Senin (11/4/2022). Perbaikan-perbaikan kereta api di Balai Yasa Surabaya Gubeng tersebut untuk mempersiapkan armada kereta api dalam angkutan Lebaran 2022.

Foto: Antara/Didik Suhartono
Daop 1 Jakarta menyiapkan 45 unit lokomotif dan 284 unit kereta untuk mudik Lebaran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) KAI Daop 1 Jakarta sudah menyiapkan 329 unit sarana yang terdiri dari 45 unit lokomotif dan 284 unit kereta penumpang serta bagasi untuk mendukung angkutan Lebaran 2022. Kepala Humas Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa mengatakan, pihaknya pun telah memastikan bahwa semua sarana tersebut dalam kondisi yang andal.

"Seluruh sarana lokomotif dan kereta tersebut telah melewati berbagai tahapan perawatan serta pemeriksaan khusus jelang angkutan Lebaran," kata Eva dalam siaran pers di Jakarta, Senin (18/4/2022).

Baca Juga

Dia menuturkan, untuk perawatan sarana lokomotif dan kereta di Daop 1 Jakarta memiliki tiga Dipo Lokomotif, tiga Dipo Kereta dan Gerbong serta Balai Yasa Manggarai untuk perawatan besar atau overhaul.

Eva mengungkapkan, PT KAI (Persero) telah menetapkan masa Angkutan Lebaran selama 22 hari, mulai 22 April hingga 13 Mei 2022 atau H-10 sampai dengan H+10 Lebaran. Pada momen tersebut, jelas dia, rata-rata akan terdapat 59 kereta api per hari yang beroperasi dengan ketersediaan tempat duduk sekitar 33 ribu per hari untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen.

Selain melakukan pemeriksaan khusus, sambung dia, proses perawatan rutin juga telah diprogramkan untuk seluruh sarana lokomotif dan kereta yang dilakukan secara berkala, yakni perawatan harian, tiga bulanan, enam bulanan serta satu tahunan.

Pada proses perawatan, sejumlah pengecekan juga dilakukan. Di antaranya pemeriksaan motor diesel, kelistrikan, sistem pengereman dan sembilan alat yang wajib berfungsi saat lokomotif berjalan, seperti lampu sorot, suling lokomotif, wiper, lampu kabin, radio lokomotif, deadman pedal, GPS, speedometer dan pengereman.

"Seluruh sarana di Daop 1 Jakarta juga telah melalui proses pemeriksaan kelaikan kesiapan operasi atau ramcheck sarana perkeretaapian Angkutan Lebaran yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub," ungkap dia.

Eva melanjutkan, PT KAI Daop 1 Jakarta berkomitmen untuk mengutamakan keselamatan, kenyamanan, keamanan dan kelancaran operasional perjalanan kereta api melalui sejumlah upaya yang dilakukan. Salah satunya dari keandalan sarana kereta dan lokomotif. 

"Melalui seluruh proses yang telah dijalankan, Daop 1 Jakarta meyakinkan seluruh ketersediaan sarana kereta dan lokomotif yang akan dioperasikan pada masa angkutan lebaran dalam kondisi baik," ujarnya.

 

 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA