Selasa 19 Apr 2022 00:26 WIB

Angkutan Mudik, KAI Pastikan 329 Sarana Kereta dan Lokomotif dalam Kondisi Andal

Selama lebaran ini rata-rata akan terdapat 59 KA per hari yang beroperasi.

Rep: Mabruroh/ Red: Friska Yolandha
Sejumlah penumpang kereta api Lokal Bandung Raya tiba di Stasiun Bandung, Kota Bandung, Kamis (10/3/2022). PT KAI (Persero) telah menetapkan masa Angkutan Lebaran selama 22 hari, mulai 22 April sampai dengan 13 Mei 2022 atau H-10 sampai dengan H+10 Lebaran.
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Sejumlah penumpang kereta api Lokal Bandung Raya tiba di Stasiun Bandung, Kota Bandung, Kamis (10/3/2022). PT KAI (Persero) telah menetapkan masa Angkutan Lebaran selama 22 hari, mulai 22 April sampai dengan 13 Mei 2022 atau H-10 sampai dengan H+10 Lebaran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kahumas Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa mengatakan PT KAI (Persero) telah menetapkan masa Angkutan Lebaran selama 22 hari, mulai 22 April sampai dengan 13 Mei 2022 atau H-10 sampai dengan H+10 Lebaran. KAI memastikan kereta dan lokomotif dalam kondisi andal selama masa mudik.

"Selama lebaran ini rata-rata akan terdapat 59 KA per hari yang beroperasi dengan ketersediaan tempat duduk sekitar 33 ribu per hari untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen,” kata Eva dalam siaran pers, Senin (18/4/2022).

Baca Juga

Untuk kesiapan sarana yang akan mendukung Angkutan Lebaran 2022, KAI Daop 1 Jakarta sudah menyiapkan 329 unit sarana yang terdiri dari 45 unit lokomotif dan 284 unit kereta penumpang serta bagasi. Seluruh sarana lokomotif dan kereta tersebut telah melewati berbagai tahapan perawatan serta pemeriksaan khusus jelang angkutan lebaran. 

“Untuk perawatan sarana lokomotif dan kereta di Daop 1 Jakarta memiliki 3 Dipo lokomotif, 3 Dipo Kereta dan gerbong serta Balai Yasa Manggarai untuk perawatan besar atau overhaul,” kata Eva.

Selain melakukan pemeriksaan khusus, proses perawatan rutin juga telah di programkan untuk seluruh sarana lokomotif dan kereta yang dilakukan secara berkala yakni perawatan harian, 3 bulanan, 6 bulanan serta 1 tahunan. 

Pada proses perawatan sejumlah pengecekan juga dilakukan, di antaranya pemeriksaan motor diesel, kelistrikan, sistem pengereman dan sembilan item yang wajib berfungsi saat lokomotif berjalan seperti lampu sorot, suling lokomotif, wiper, lampu kabin, radio lokomotif, deadman pedal, GPS,  speedometer dan pengereman. 

“Seluruh sarana di Daop 1 Jakarta juga telah melalui proses pemeriksaan kelaikan kesiapan operasi atau rampcheck sarana perkeretaapian Angkutan Lebaran yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian Kemenhub,” ujarnya.

PT KAI Daop 1 Jakarta berkomitmen untuk mengutamakan keselamatan, kenyamanan, keamanan dan kelancaran operasional perjalanan Kereta Api melalui sejumlah upaya yang dilakukan salah satu nya dari keandalan sarana Kereta dan Lokomotif. 

“Melalui seluruh proses yang telah dijalankan, Daop 1 Jakarta meyakinkan seluruh ketersediaan sarana kereta dan lokomotif yang akan dioperasikan pada masa angkutan lebaran dalam kondisi baik,” ungkapnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement