Senin 18 Apr 2022 20:18 WIB

Spesies Kaktus yangTerancam Punah Meningkat Akibat Perubahan Iklim

Bumi yang menghangat membawa perubahan pada kaktus.

Rep: mgrol136/ Red: Dwi Murdaningsih
Penjual menata tanaman kaktus di salah satu stan saat pameran tanaman. Menurut para peneliti, kaktus merupakan salah satu spesies tanaman yang paling terancam punah di dunia karena sebagian besar aktivitas manusia.
Foto: ANTARA/Moch Asim
Penjual menata tanaman kaktus di salah satu stan saat pameran tanaman. Menurut para peneliti, kaktus merupakan salah satu spesies tanaman yang paling terancam punah di dunia karena sebagian besar aktivitas manusia.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kelompok akademisi dari Amerika Serikat dan Inggris memproyeksikan perubahan iklim akan meningkatkan jumlah spesies kaktus yang terancam punah pada  abad ini. Tim membandingkan ekosistem yang ada dari 408 spesies kaktus sebagai akibat dari perubahan iklim dalam penelitian mereka yang diterbitkan dalam jurnal Nature Plants untuk memperkirakan potensi mereka dalam bertahan hidup.

Menurut para peneliti, kaktus merupakan salah satu spesies tanaman yang paling terancam punah di dunia karena sebagian besar aktivitas manusia. Mereka khawatir tentang prospek tanaman saat planet menghangat dalam upaya baru ini. 

Baca Juga

Mereka juga menunjukkan bahwa karena kaktus memiliki reputasi sebagai tanaman kuat yang dapat mentolerir keadaan panas dan kering, hanya sedikit orang di luar komunitas biologi tumbuhan yang menyadari situasi berbahaya mereka. Bumi yang lebih hangat akan muncul untuk meningkatkan kemampuan beradaptasi mereka.  

Namun, sebagian besar kaktus memiliki relung tertentu di mana mereka berkembang. Tetap saja setiap perubahan pada habitat tersebut dapat menjadi bencana.

Para peneliti mempelajari 408 jenis kaktus untuk memahami lebih banyak tentang kemungkinan nasib mereka, dengan fokus pada habitat khusus mereka dan kerentanan terhadap perubahan. 

Mereka kemudian menggunakan model iklim untuk memprediksi bagaimana ekosistem tersebut dapat berubah di bawah tiga skenario perubahan iklim yang berbeda. Menurut para peneliti, kaktus menderita bahaya yang lebih tinggi di ketiga skenario.

Mereka juga menemukan bahwa sekitar 60 persen spesies yang mereka analisis diproyeksikan mengalami pengurangan abad ini. Sekitar 40 persen diantaranya mengalami "penurunan parah". Mereka juga memperhatikan bahwa lokasi dengan jumlah spesies dan keragaman terbesar, seperti Florida dan sebagian Brasil dan Meksiko, tampaknya paling berisiko kehilangan spesies kaktus.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement