Clock Magic Wand Quran Compass Menu
Image taufik sentana

Memetik Hikmah Nuzulul Quran

Eduaksi | Monday, 18 Apr 2022, 18:04 WIB
Dok. Risky

Hikmah Nuzul Quran

=====

Ramadan disebut sebagai bulan Alquran, dan ia menjadi mulia karena Alquran diturunkan di dalamnya pula. secara formal, Alquran adalah kitab suci umat muslim, namun secara fungsi dan kedudukannya Alquran adalah untuk seluruh umat manusia.

Kenapa demikian? karena ia menjelaskan tentang banyak perkara yang diperdebatkan orang orang sebelumnya. dus, AlQuran menjadi pembeda dari pemeliharaan autentitas ajaran para Nabi yang ditutup oleh Baginda Muhammad saw.

Selebihnya alquran berisi panduan lengkap dalam menjawab persoalan hidup, secara akidah, ibadah dan moralitas sosial dengan segala dimensinya.

Alquran melewati periwayatan yang banyak, panjang dan terpelihara, sehingga menjamin keaslian isinya, bahkan ia masih ditulis dan dibaca sebagaimana awalnya ia diturunkan dengan perantaraan malaikat Jibril.

Banyak sekali isyarat Alquran yang disebutkan 14 abad yang lalu baru terjawab di abad kita, terutama tentang peristiwa sejarah dan perkembangan sains/termasuk peristiwa semesta raya.

Seperti gunung yang memiliki akar sebagai pasak, dalamnya laut yang penuh gelap, pertemuan dua laut, kandungan besi, perkembangan janin dalam rahim ibu dst.

Alquran memang bukan kitab teori atau panduan praktis, ia hanya wahyu ilahi sebagai panduan umum yang menjamin di dalamnya Tiada Keraguan.

Di dalamnya juga banyak ajakan kpd manusia untuk menggunakan akalnya, di samping melihat bukti bukti kekuasaan Allah swt dalam diri sendiri dan kejadian semesta.

Bila kita temukan banyak yang menginterpretasi Alquran dengan keliru, maka itu karena dorongan nafsu, kelemahan referensi dan seringnya, karena mengambil potongan potongan ayatnya saja lalu dinalar dengan akal yang memang terbatas.

Selebihnya Alquran tetap menjadi cahaya dan menjadi rahmat bagi benar benar mencari kebenaran. Sehingga nyata bahwa Alquran ini sebagai pembeda antara hak dan batil:inilah hikmah utama dari nuzul quran.

"Bila engkau ragu, buatlah satu surat seperti Alquran dan kumpulkan seluruh ahli untuk menyusunnya"( surah Albaqarah): demikian tantangan Alquran sejak 14 abad yang lalu.

Disclaimer

Retizen adalah Blog Republika Netizen untuk menyampaikan gagasan, informasi, dan pemikiran terkait berbagai hal. Semua pengisi Blog Retizen atau Retizener bertanggung jawab penuh atas isi, foto, gambar, video, dan grafik yang dibuat dan dipublished di Blog Retizen. Retizener dalam menulis konten harus memenuhi kaidah dan hukum yang berlaku (UU Pers, UU ITE, dan KUHP). Konten yang ditulis juga harus memenuhi prinsip Jurnalistik meliputi faktual, valid, verifikasi, cek dan ricek serta kredibel.

Berita Terkait

 

Tulisan Terpilih


Copyright © 2022 Retizen.id All Right Reserved

× Image