Senin 18 Apr 2022 15:45 WIB

Pasar Lebaran Diharap Bangkitkan Ekonomi Sleman

Sebanyak 277 UMKM ikut serta dalam kegiatan baik secara langsung maupun online.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Ilham Tirta
Pasar Lebaran di Kabupaten Sleman (ilustrasi).
Foto: Republika/Wahyu Suryana
Pasar Lebaran di Kabupaten Sleman (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Pasar Lebaran 2022 yang diselenggarakan Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sleman resmi ditutup pada 17 April 2022. Kegiatan telah berlangsung selama empat hari sejak 14 April 2022 di Atrium Hartono Mall.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, mengaku mendukung dan mengapresiasi seluruh pihak yang telah menyukseskan acara tersebut. Ia berharap, kegiatan tersebut dapat dijadikan wadah bagi UMKM mengenalkan produk-produknya.

Baca Juga

Sehingga, lanjut Danang, produk-produk khas SLeman tersebut bisa dikenal oleh masyarakat yang lebih luas. Selain itu, ia menekankan, kegiatan ini merupakan usaha Pemkab Sleman mendampingi UMKM agar mampu berkembang dan berdaya saing.

"Dengan suksesnya kegiatan Pasar Lebaran 2022 ini semoga menjadi indikasi bangkitnya perekonomian di Kabupaten Sleman," kata Danang, Senin (18/4/2022).

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Sleman, Haris Martapa menyebut, kegiatan ini mengangkat tema Bangga Berlebaran dengan Borong Bareng Produk Sleman. Dilaksanakan secara hybrid, baik secara luring maupun daring.

Ada sebanyak 277 UMKM yang ikut serta dalam kegiatan ini, terdiri dari 70 peserta luring dan sisanya mengikuti secara daring. Meskipun telah resmi ditutup, namun pelaksanaan Pasar Lebaran secara daring akan tetap buka. "Hingga 15 Juli 2022 melalui portal kendisembada.com," ujar Haris.

Haris mengungkapkan, nilai transaksi yang terjadi selama Pasar Lebaran 2022 ini berlangsung mampu mencapai Rp 183,3 juta. Ia berpendapat, jumlah tersebut sudah mengalami kenaikan sekitar 28 persen dibandingkan pelaksanaan dengan tahun lalu.

Adapun jumlah kunjungan online melalui kendisembada.com ada sebanyak 3.980 kunjungan. Dalam acara penutupan tersebut juga dilakukan penyerahan hadiah bagi pemenang lomba yang diselenggarakan selama gelaran Pasar Lebaran Tahun 2022.

Pasar Lebaran Sleman 2022 sendiri dimeriahkan beberapa lomba yang. Antara lain Lomba Hampers Lebaran Challenge, Sleman Smart Campaign, Lomba Menyanyi Anak, Lomba Melukis Caping, Stand Up Comedy dan Lomba Tari Kreasi Nusantara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement