Senin 18 Apr 2022 14:15 WIB

Latihan Pernapasan Ini Dianjurkan bagi Pasien Covid-19 Agar Cepat Pulih

Sebagian pasien Covid-19 mengaku merasa lega setelah melakukan latihan pernapasan.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Nora Azizah
Sebagian pasien Covid-19 mengaku merasa lega setelah melakukan latihan pernapasan.
Foto: Piqsels
Sebagian pasien Covid-19 mengaku merasa lega setelah melakukan latihan pernapasan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Covid-19 merupakan penyakit infeksi saluran pernapasan yang secara signifikan dapat mempengaruhi paru-paru. Itu sebabnya wajar saja jika beberapa pasien Covid merasa lega setelah melakukan latihan pernapasan sebagai bagian terapeutik pemulihan.

Kepala bagian kedokteran paru di Lenox Hill Hospital di New York City, Bushra Mina mengatakan, latihan pernapasan Covid dapat meningkatkan daya tahan dan fungsi paru-paru, bahkan memerangi kelelahan, yang semuanya dapat diakibatkan oleh infeksi Covid-19. Sejumlah ahli, yang secara proaktif mempraktikkan beberapa latihan pernapasan, menganggap latihan ini dapat menjadi cara yang berarti untuk tetap sehat, baik pernah terkena Covid atau belum. 

Baca Juga

“Kami ingin pasien tidak hanya mengambil napas dalam-dalam sesekali, tetapi juga melakukan latihan rutin,” kata Mina dilansir The Healthy, Senin (18/4/2022).

Bahkan jika Anda belum pernah mengidap Covid, mungkin saja latihan pernapasan yang tepat dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan peluang untuk tetap sehat. Penelitian mendukung hal ini. 

Jurnal peer-review Clinical Rehabilitation pada November 2021 melihat efek dari latihan pernapasan dan latihan kekuatan selama 14 hari di antara 77 pasien yang memiliki Covid aktif. Latihan pernapasan adalah yang lebih efektif dari dua pendekatan untuk meningkatkan kelelahan dan kapasitas aerobik (kemampuan untuk terlibat dalam aktivitas kardiovaskular). Jenis latihan pernapasan Covid yang Anda lakukan tergantung pada seberapa parah infeksi atau sebelumnya.

“Ini sangat individual. Itu tergantung jika Anda berjalan-jalan, berbaring di tempat tidur atau duduk di kursi, serta indeks massa tubuh, defisit neurologis, dan banyak lagi,” ujar Mina.

Seseorang yang masih terbaring di tempat tidur dengan gejala, kemungkinan membutuhkan arahan dari ahli paru atau terapis pernapasan. Terapis pernapasan dan presiden terpilih dari American Association for Respiratory Care, Carl Hinkson mengatakan orang dengan gejala berkelanjutan dari long covid biasanya dirujuk ke rehabilitasi paru, di mana mereka bekerja dengan terapis khusus.

“Tidak semua infeksi SARS-Cov-2 (virus yang menyebabkan Covid) diciptakan sama. Tetapi semua jenis latihan pernapasan atau pelatihan ulang pola pernapasan umumnya aman untuk dilakukan siapa saja di rumah,” kata spesialis klinis bersertifikat dalam terapi fisik kardiovaskular dan paru di Charlottesville, Talia Pollok.

Salah satu jenis latihan pernapasan sangat membantu yaitu pernapasan diafragma, atau pernapasan dalam dari diafragma di daerah perut. Paru-paru tidak memiliki otot bawaan untuk membantu pergerakan udara masuk dan keluar. Sebaliknya, mereka mengandalkan diafragma, yang merupakan otot tepat di bawah paru-paru.

Profesor kedokteran di divisi perawatan kritis paru di Johns Hopkins Medicine di Baltimore, William Checkley mengatakan pernapasan diafragma juga membantu otot-otot aksesori, yang membantu memperluas tulang rusuk. Pernapasan perut dalam ini memberi sinyal pada otak untuk menenangkan Anda.

“Ketika mereka stres atau cemas atau memiliki sedikit penyakit paru-paru, kebanyakan orang memiliki pola pernapasan yang lebih di dada bagian atas dan keluar melalui mulut,” ujar Pollok.

 

Jenis latihan pernapasan Covid ini sebenarnya cukup sederhana untuk dilakukan, tetapi bisa membutuhkan latihan, berikut cara latihan pernapasan:

Pertama, mulailah dengan berbaring telentang dengan kepala ditinggikan dan lutut ditopang. Letakkan satu tangan di perut dan tangan lainnya di dada. Bernapaslah dalam-dalam melalui hidung. Ini memungkinkan udara masuk ke paru-paru dan menyebar dengan cara yang lebih efisien.

Kedua, buang napas melalui mulut. Menghembuskan napas itu harus memakan waktu dua atau tiga kali lebih lama dari menghirup. Tangan di perut Anda harus naik dan turun saat diafragma mengembang dan berkontraksi dengan setiap napas. Tangan di dada harus tetap diam. 

Ketiga, dari berbaring, Anda dapat melanjutkan melakukan latihan ini dengan duduk, lalu berdiri, lalu menggabungkannya ke dalam gerakan. Dengan kata lain, mulailah perlahan dan naik secara bertahap.

Sementara itu, pernapasan bibir sering digunakan pada orang dengan kondisi paru-paru kronis, seperti emfisema, yang mencoba mengendalikan sesak napas. Anda menarik napas melalui hidung seperti yang Anda lakukan dengan pernapasan perut, lalu rapatkan bibir dan hembuskan napas melalui mulut.

Bersenandung saat Anda mengeluarkan napas dapat membantu melebarkan sinus, sehingga memudahkan oksigen dari udara untuk bersirkulasi ke seluruh tubuh. Tidak ada bukti bahwa latihan pernapasan itu sendiri dapat mencegah infeksi Covid-19, tetapi latihan itu dapat meningkatkan kesehatan paru-paru dan seluruh tubuh selama pandemi Covid-19.

Kemudian, latihan aerobik secara teratur akan memperkuat sistem kekebalan dan menurunkan risiko sakit secara umum. Itu termasuk orang dengan infeksi Covid-19, menurut ulasan pada 2020 di Diabetes & Metabolic Syndrome: Clinical Research & Reviews. Ini bisa sesederhana berjalan-jalan, mengayuh sepeda stasioner atau menaiki tangga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement