Ahad 01 May 2022 05:15 WIB

Tujuh Manfaat Memelihara Hewan untuk Kesehatan Mental

Memiliki hewan peliharaan jenis apapun akan mampu mengurangi kecemasan dan stres.

Memiliki hewan peliharaan jenis apapun akan mampu mengurangi kecemasan dan stres. (ilustrasi)
Foto: Republika/Thoudy Badai
Memiliki hewan peliharaan jenis apapun akan mampu mengurangi kecemasan dan stres. (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, Setiap orang pasti pernah mengalami kesulitan dalam hidup yang memengaruhi kesehatan mentalnya. Terkadang untuk mengobatinya, hanya perlu seseorang untuk mendengarkan atau bahkan hewan peliharaan.

Dilansir dari laman Female First, berikut tujuh manfaat memiliki hewan peliharaan:

Baca Juga

1. Punya rasa memiliki tujuan

Hewan peliharaan membuat pemiliknya merasa punya tujuan dalam hidupnya, ada sesuatu yang harus ia rawat setiap hari. Seperti bangun pagi untuk memberi makan hingga memastikan hewan peliharaan tetap senang dengan mengajaknya jalan-jalan. Ini memberi alasan pemilik untuk tetap hidup.

2. Persahabatan

Banyak orang memutuskan memelihara hewan dengan alasan mengurangi kesepian mereka. Dengan memiliki hewan peliharaan pemilik dapat memiliki ''seseorang'' yang mau mendengarkan tanpa menghakimi.

3. Kontak fisik

Telah terbukti bahwa membelai hewan peliharaan dapat mengurangi stres secara signifikan.

4. Lebih sehat

Ini mungkin spesifik bagi pemilik anjing. Sebab mereka yang memelihara anjing harus siap membawanya keluar rumah untuk berjalan-jalan atau membiarkan anjing berlarian di luar rumah. Ini akan memaksa pemilik untuk ikut berolah raga di luar bersama hewan peliharaannya.

5. Lebih teratur

Memiliki hewan peliharaan membuat pemilik harus menjadi lebih teratur. Pemilik harus tahu kapan harus memberi makan, kapan mengajak bermain dan kapan waktunya hewan istirahat.

6. Interaksi sosial

Memiliki hewan peliharaan di rumah memberi keajaiban bagi kesehatan mental. Meski hewan tak dapat berbicara kembali, tapi ini membuat pemilik tak merasa kesepian atau sendirian.

7. Mengurangi stres

Banyak orang merasa memiliki hewan peliharaan, mulai dari kuda, anjing atau kucing hingga hamster dapat menurunkan tekanan darah dan mengurangi stres.  Bahkan melihat ikan berenang di akuarium atau kolam luar ruangan bisa mengurangi tingkat stres,

Memiliki hewan peliharaan jenis apapun akan mampu mengurangi kecemasan dan stres. Hewan peliharaan juga dapat meningkatkan kebahasiaan dan kesehatan pemiliknya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement