Senin 18 Apr 2022 12:42 WIB

Ramadhan Jadi Momentum Berbagi SNJ dengan Para Veteran dan Warakawuri Operasi Seroja

Veteran Seroja adalah pasukan yang dikirimkan ke Timor timur.

Bulan Ramadhan (ilustrasi)
Foto: Dok Republika
Bulan Ramadhan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dalam mengapresiasi veteran maupun para istri yang suaminya gugur di medan pertempuran atau warakawuri, khususnya yang turut berpartisipasi dalam operasi seroja di Timor timur, Suri Nusantara Jaya (SNJ) melalui Yayasan Pengembangan Potensi Sumber Daya Pertahanan (YPPSDP). Ini adalah yayasan menaungi para veteran dan warakawuri menggelar pemberian santunan dan bingkisan lebaran di Asrama Seroja di kawasan Bekasi Jawa barat.

Menurut Diana Dewi selaku Ketua Kamar Dagang Indonesia (Kadin) DKI Jakarta sekaligus pemilik SNJ, pemberian santunan dan bingkisan lebaran yang diberikan oleh pihaknya merupakan bentuk apresiasi kepada para warakawuri maupun keluarganya atas sumbangsih mereka yang telah diberikan kepada negara.

Baca Juga

“Ini merupakan satu bentuk apresiasi kepada para warakawuri maupun keluarganya, semoga apa yang diperjuangkan oleh mereka bagi bangsa ini akan memperoleh balasan yang setimpal dari Allah SWT. Pemberian santunan dan bingkisan lebaran merupakan bentuk bagian dari pembangunan ekonomi, mensejahterakan YPPSDP yang menaungi para warakawuri serta bentuk dari membangun negeri ini,” kata dia, Senin (18/4/2022).

photo
Kegiatan Ramadhan berbagi dengan para veteran dan warakawuri Perang Seroja. - (Dok. Surnu)

Dengan bantuan yang diberikan, Diana Dewi juga berharap kedepannya YPPSDP yang diketuai oleh Mayjen TNI (Purn) Musa Bangun dapat lebih memperhatikan warakawuri. Ini agar mereka juga dapat menghantarkan putra-putrinya menjadi penerus para pejuang bagi bangsa ini di masanya.

Bantuan yang diberikan oleh SNJ mendapat apresiasi positif dari Ketua YPPSDP Mayjen TNI (Purn) Musa Bangun. Bagi Musa apa yang telah diberikan oleh Diana Dewi merupakan bentuk perhatian atau atensi dari seorang pengusaha kepada veteran maupun warakawuri operasi seroja yang ada di Asrama Seroja Bekasi.

“Di Asrama Seroja tinggal para veteran dengan cacat tubuh bekas luka perang, begitu juga para janda atau warakawuri yang suaminya meninggal di medan pertempuran Timor timur pada masa orde baru. Kami akan terus membangun silaturahmi sekaligus meringankan beban ekonomi mereka dengan berbagai bantuan,” kata Musa Bangun.

Adapun bentuk bantuan yang diberikan oleh SNJ kepada para veteran dan warakawuri melalui YPPSDP, kata Musa Bangun, berupa paket sembako serta uang tunai untuk menyambut Idul Fitri 1443 H.

"Ada sekitar 165 orang veteran/warakawuri operasi seroja yang menerima santunan dan bingkisan dari PT SNJ. Dulunya di Asrama Seroja tinggal sekitar 400 orang, namun kini jumlahnya menyusut dan tinggal sekitar 165 orang saja," kata Musa Bangun.

Veteran seroja adalah pasukan yang dikirimkan ke Timor timur pada periode 21 Mei 1975 hingga 17 Juli 1976 dengan tujuan mempertahankan Provinsi termuda Timor timur saat itu agar tetap berada dibawah naungan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dari situs kementerian pertahanan dengan alamat www.kemhan.go.id tercatat veteran seroja terbagi menjadi 5 golongan. Golongan A berjuang minimal 14 bulan, golongan B berjuang minimal 12 bulan, golongan C berjuang minimal 9 bulan, golongan D berjuang minimal 6 bulan serta golongan E berjuang minimal 3 bulan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement