Sunday, 29 Safar 1444 / 25 September 2022

Kang Emil Sebut Tol Cisumdawu Baru Seksi Satu yang Bisa Digunakan Mudik

Senin 18 Apr 2022 12:29 WIB

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra

Gubernur Jawa Barat (Jabar), M Ridwan Kamil alias Kang Emil.

Gubernur Jawa Barat (Jabar), M Ridwan Kamil alias Kang Emil.

Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Peresmian seluruh seksi jalan Tol Cisumdawu akan dilakukan pada Juni 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Gubernur Jawa Barat (Jabar) M Ridwan Kamil mengatakan, Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) yang bisa digunakan untuk arus mudik Lebaran 2022 ialah baru seksi satu. Rute seksi satu dari Cileunyi, Kabupaten Bandung hingga Pamulihan, Kabupaten Sumedang.

"Tol Cisumdawu dipakai mudikyang sudah dibuka saja seksi satu. Iya, jadi sementara informasinya masih itu (baru seksi satu yang dibuka) nanti kalau ada kabar ada tambahan di exit berikut saya kabarin. Tapi per hari ini baru exit itu (seksi satu)," kata Kang Emil, sapaan akrabnya di Gedung Sate, Kota Bandung, Provinsi Jabar, Senin (18/4/2022).

Kang Emil mengatakan, pihaknya bertemu Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono pada Ahad (17/4/2022), membahas peresmian seluruh seksi jalan Tol Cisumdawu akan dilakukan pada Juni 2022. "Namun dengan adanya longsor itu memang terkendala tapi sedang diupayakan bulan Juni 2022 sesuai jadwal bisa dibuka. Hanya yang beroperasi itu tentunya yang kemarin dibuka ya. Sampai daerah Sumedang."

Dengan demikian, kata dia, dua exit Tol Cisumdawu yang dioperasikan yakni seksi satu bisa dimanfaatkan masyarakat untuk mudik ke Sumedang. "Jadi orang bisa mudik ke Sumedang bisa digunakan lewat dua exit (jalan Tol Cisumdawu seksi satu)," kata Kang Emil.

Kepala Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang Provinsi Jabar, Bambang Tirtoyuliono mengatakan, rencana operasional secara keseluruhan jalan Tol Cisumdawu (enam seksi) pada Juni 2022, kemungkinan belum bisa direalisasikan. Menurut dia, setelah mendapatkan informasi dari Kementerian PUPR diketahui jalan Tol Cisumdawu akan dioperasikan seluruhnya pada September 2022.

"Saya dapat info dari pusat bahwa di seksi dua antara Rancakalong Sumedang itu ada 550 meter longsoran. Itu kalau dilewati enggak aman. Jadi yang direncanakan bulan Juni ini selesai ternyata tidak bisa karena aspek teknis. ini perlu penanganan cukup waktu," kata Bambang.

Menurut dia, kemungkinan pada September 2022 dapat digunakan keseluruhan jalan Tol Cisumdawu dari seksi satu hingga enam. "September bisa difungsikan," ujar Bambang.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA