Senin 18 Apr 2022 10:00 WIB

IPHI Minta Jamaah Fokuskan Persiapan Keberangkatan Haji

IPHI Minta Jamaah Fokuskan Persiapan Keberangkatan Haji 2022.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil
IPHI Minta Jamaah Fokuskan Persiapan Keberangkatan Haji. Foto: haji
Foto: Reuters
IPHI Minta Jamaah Fokuskan Persiapan Keberangkatan Haji. Foto: haji

IHRAM.CO.ID,JAKARTA--Ketua Umum Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Ismed Hasan Putro berharap calon jamaah haji tetap fokus pada persiapan keberangkatan ke Tanah Suci. Saatnya calon jamaah haji untuk secara keseluruhan mempertebal basis kesiapan ilmu dan pemahaman sebagai bekal dalam proses menunaikan ibadah Haji.

"Calon jamaah haji sebaiknya pada tahap persiapan melalui KBIH masing-masing," kata Ismed kepada Republika, Senin (18/4).

Baca Juga

Ismed mengatakan, khususnya saat manasik haji, bisa mengeksplorasi secara komprehensif bekal pengetahuan dan pemahaman yang mendalam terkait proses haji. Jamaah perlu bekal ilmu dan pemahaman yang memadai dan mendalam agar setiap melaksanakan proses dalam rukun Haji.

"Calon jamaah haji benar-benar meresapi dan menanamkan dalam sanubarinya," katanya.

Ismed mengatakan, sebaiknya calon jamaah haji memiliki pengetahuan yang cukup dan pemahaman yang baik. Mengapa harus Tawaf, mengapa harus Sa'i, mengapa harus melempar jumroh, mengapa harus ada di Padang Arafah mengapa juga harus ada di Mina.

"Itu semua harus dipelajari dan dipahami dengan baik dan kaffah oleh setiap calon jamaah haji," katanya.

Ismed Hasan Putro mengatakan, dengan telah ditetapkannya biaya ongkos naik haji (ONH) Tahun 2022 oleh Pemerintah bersama DPR-RI, maka keberangkatan 1443 calon jamaah telah memiliki kepastian, khususnya terkait biaya ONH. Apalagi sudah ada jaminan dari Pemerintah bahwa calon jamaah haji Indonesia yang akan diberangkatkan dan telah melunasi setoran Hajinya. 

"Meskipun ada kenaikan tidak dikenakan biaya tambahan. Karena sudah ditanggung pemerintah bersama BPKH," katanya.

Ismed mengatakan, kabar ini tentu sangat menggembirakan dan melegakan bagi para calon jamaah haji yang sudah menanti sejak jauh dua tahun yang lalu, diberangkatannya ke Tanah Suci. IPHI mengucapkan terima kasih dan menyampaikan apresiasi atas respon positif pemerintah terkait tanpa ada biaya tambahan bagi calon jamaah haji.

"Meskipun hitungan rasionalnya ada kenaikan biaya ONH," ujarnya.

Masalah lain yang masih menjadi penantian para calon jamaah haji Tahun 2022, kepastian keberangkatan. Mengapa masih menjadi penantia, karena sampai saat ini KSA belum menyampaikan Kuota untuk calon jama'ah haji dari Indonesia. 

"Yang sudah diumumkan Kementerian Urusan Haji Kerajaan Saudi Arabia, baru kuota untuk semua negara di dunia," katanya.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement