Ahad 17 Apr 2022 20:58 WIB

Pasukan Rusia Bebebaskan Sandera dari Masjid di Mariupol

Para sandera itu ditahan oleh Nazi Ukraina.

Rep: Rizky Jaramaya/ Red: Friska Yolandha
Mayat seorang warga sipil tergeletak di sebelah mobil yang rusak di dekat Pabrik Metalurgi Illich Iron & Steel Works, perusahaan metalurgi terbesar kedua di Ukraina, di daerah yang dikendalikan oleh pasukan separatis yang didukung Rusia di Mariupol, Ukraina, Sabtu, 16 April 2022.
Foto: AP Photo/Alexei Alexandrov
Mayat seorang warga sipil tergeletak di sebelah mobil yang rusak di dekat Pabrik Metalurgi Illich Iron & Steel Works, perusahaan metalurgi terbesar kedua di Ukraina, di daerah yang dikendalikan oleh pasukan separatis yang didukung Rusia di Mariupol, Ukraina, Sabtu, 16 April 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Juru Bicara Kementerian Pertahanan Rusia, Igor Konashenkov pada Ahad (17/4/2022) mengatakan, pasukan khusus Rusia membebaskan sandera yang ditahan di sebuah masjid Turki di Mariupol. Konashenkov mengatakan, para sandera itu ditahan oleh Nazi Ukraina.

"Operasi khusus untuk membebaskan sandera, yang ditahan di masjid Turki oleh Nazi Ukraina, dilakukan pada 16 April selama aksi ofensif untuk membebaskan Mariupol dan atas permintaan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan," kata Konashenkov, dilansir Kantor Berita TASS.

Baca Juga

Konashenkov mengatakan, berkat tindakan tanpa pamrih oleh tim pasukan khusus Rusia, masjid itu tidak diblokir. Sementara 29 gerilyawan, termasuk tentara bayaran asing telah tewas.  

"Para sandera yang merupakan warga salah satu negara CIS (Persemakmuran Negara-Negara Merdeka) dibebaskan dan dibawa ke lokasi yang aman," kata Konashenkov. 

Rusia pada Ahad memberikan ultimatum kepada tentara Ukraina untuk meletakkan senjata di Kota Mariupol. Beberapa jam setelah batas waktu yang ditetapkan yaitu pukul 03.00 waktu setempat, tidak ada tanda-tanda bahwa pejuang Ukraina yang bersembunyi di pabrik baja Azovstal, akan menyerah. 

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan, pasukannya telah membersihkan daerah perkotaan Mariupol. Pabrik baja, salah satu pabrik metalurgi terbesar di Eropa dengan labirin rel kereta api dan tanur sembur, telah menjadi tempat terakhir bagi para pasukan Ukraina yang kalah jumlah. 

"Angkatan Bersenjata Rusia menawarkan para militan dari batalyon nasionalis dan tentara bayaran asing mulai pukul 06.00 (waktu Moskow) pada 17 April 2022, untuk menghentikan permusuhan dan meletakkan senjata mereka. Semua yang meletakkan senjata, kehidupan mereka akan terjamin," kata pernyataan Kementerian Pertahanan Rusia.

Sejauh ini, tidak ada tanggapan dari Kiev terhadap ultimatum tersebut. Militer Ukraina mengatakan, serangan udara Rusia di Mariupol berlanjut bersamaan dengan operasi penyerangan di dekat pelabuhan.  

Jika Rusia mengambil alih Mariupol, maka akan menjadi kota besar Ukraina pertama yang jatuh sejak invasi dan hadiah strategis untuk Moskow. Mariupol menghubungkan wilayah Donbas dengan wilayah Krimea yang dicaplok Rusia pada 2014. Rusia mengatakan, operasi militer khusus di Ukraina bertujuan untuk demiliterisasi, dan membersihkan nasionalis berbahaya.

Tidak diketahui berapa banyak tentara Ukraina yang berada di pabrik baja.  Gambar satelit menunjukkan asap dan api muncul dari daerah Mariupol, yang dipenuhi dengan terowongan di bawahnya. Pasukan Ukraina yang berjuang di Mariupol terdiri dari marinir Ukraina, brigade bermotor, brigade Garda Nasional, dan Resimen Azov, yaitu sebuah milisi yang dibentuk oleh nasionalis sayap kanan dan kemudian dimasukkan ke dalam Garda Nasional.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement