Wednesday, 6 Jumadil Awwal 1444 / 30 November 2022

Koperasi Astra Bangkit Melalui Kolaborasi

Ahad 17 Apr 2022 20:46 WIB

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id

Logo baru Koperasi Astra (Boyke P. Siregar)

Logo baru Koperasi Astra (Boyke P. Siregar)

Koperasi Astra melewati 2021 yang penuh tantangan dengan baik.

Koperasi Astra telah melewati tahun 2021 yang penuh tantangan dengan baik. Kondisi pandemi COVID-19 menuntut Koperasi Astra beradaptasi dalam melayani kebutuhan anggota. Pemanfaatan media sosial sebagai media promosi dan informasi juga diterapkan pada proses pengajuan pinjaman anggota serta pelaksanaan program KAI Eduinspire.

Kinerja Koperasi Astra tahun buku 2021 ini mendapat apresiasi dari Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Republik Indonesia Teten Masduki pada sambutannya di acara Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Astra yang diselenggarakan pada Kamis (31/3).

“Pelaksanaan RAT Tahun Buku yang tepat waktu merupakan bentuk nyata komitmen pengurus kepada anggota dan mencerminkan bahwa pelaksanaan demokrasi, transparansi, dan akuntabilitas di Koperasi Astra sebagai bentuk kedisiplinan dan ketertiban,” katanya.

Baca Juga: Asuransi Astra Berhasil Meraih Indonesia Excellence Good Corporate Governance Awards 2022

Pelaksanaan RAT Koperasi Astra Tahun Buku 2021 mencatat jumlah penambahan anggota baru sebanyak 5.154 anggota, sehingga jumlah anggota di akhir tahun 2021 menjadi 86.091 anggota. Jumlah ini setara dengan 54% dari jumlah karyawan tetap perusahaan Grup Astra. Pada tahun 2021 pula, Koperasi Astra telah menyalurkan pinjaman sebesar Rp348 miliar.

Walaupun masih dalam kondisi pandemic, jumlah aset Koperasi Astra pada tahun 2021 mengalami peningkatan sebesar 0,10% menjadi sebesar Rp1,42 triliun.

Sisa Hasil Usaha (SHU) yang dibagikan kepada anggota pada tahun ini berjumlah Rp16,49 miliar, rata-rata SHU yang diberikan kepada Anggota Koperasi Astra yang berpartisipasi sebesar Rp657.873. Partisipasi anggota terhadap program dan produk Koperasi Astra menentukan besarnya nilai SHU yang akan diterima, sehingga diharapkan anggota dapat selalu berpartisipasi dengan memanfaatkan layanan yang disediakan oleh Koperasi Astra.

Pada kesempatan ini, Ketua Umum Koperasi Astra Surjani Slamet menyampaikan, pencapaian yang telah diraih Koperasi Astra tidak lepas dari peran serta dan kontribusi para anggota, person in charge Human Capital Grup Astra, serta Pengurus Koperasi di lingkungan Grup Astra.

"Kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan dukungan seluruh anggota serta menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada jajaran Pengurus, Pengawas, Manajemen dan karyawan yang senantiasa melakukan upaya terbaik untuk kemajuan Koperasi Astra,” tutupnya.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA