Ahad 17 Apr 2022 16:38 WIB

Prodi Ilmu Pemerintahan UMM Peringkat Pertama Kinerja Publikasi Sinta

Sinta merupakan laman atau portal ilmiah daring yang dikelola oleh Kemendikbud Ristek

Rep: wilda fizriyani/ Red: Hiru Muhammad
Potret gedung kuliah di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Universitas yang dikenal dengan sebutan Kampus Putih ini baru saja mendapatkan predikat sebagai kampus swasta terbaik keenam se-Asia Tenggara menurut data yang dikeluarkan oleh AppliedHE.
Foto: Humas UMM
Potret gedung kuliah di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM). Universitas yang dikenal dengan sebutan Kampus Putih ini baru saja mendapatkan predikat sebagai kampus swasta terbaik keenam se-Asia Tenggara menurut data yang dikeluarkan oleh AppliedHE.

REPUBLIKA.CO.ID, MALANG--Program Studi (prodi) Ilmu Pemerintahan (IP) Universitas Muhammadiyah Malang berhasil meraih peringkat pertama terkait kinerja publikasi untuk kategori strata satu bidang ilmu pemerintahan 2022. Hasil itu didapat berdasarkan pemeringkatan Science and Technology Index (Sinta) yang memberikan nilai tertinggi yakni Score Overall: 3.542 dan SINTA Score 3Yr: 2.441. 

Sinta merupakan laman atau portal ilmiah daring yang dikelola oleh Kemendikbud Ristek. Laman ini merekam jumlah publikasi masing-masing institusi. Sementara itu, skor Sinta prodi merupakan hasil dari akumulasi publikasi dan sitasi dosen dan mahasiswa yg terdata pada Scopus, Garuda, Google Scholar, dan WoS.

Baca Juga

Ketua Prodi IP UMM, Muhammad Kamil merasa bersyukur atas raihan tersebut. Ia mengapresiasi kerja keras, kerja ikhlas serta kolaboratif antara dosen dan mahasiswa. Ia juga menilai hasil ini merupakan buah dari dorongan dan motivasi prodi IP UMM agar para sivitas akademika memiliki artikel ilmiah yang terpublikasi dan dapat dibaca oleh publik.

Hal serupa juga ditularkan para dosen kepada para mahasiswa melalui artikel luaran mata kuliah yang diarahkan untuk publikasi ilmiah. Hal ini terutama untuk jurnal dan prosiding nasional maupun Internasional. "Adanya kolaborasi dosen dan mahasiswa ini membuat karya artikel ilmiah menjadi lebih terarah dan memiliki kualitas yang baik karena ada pendampingan dari dosen yang disesuaikan dengan //core// Ilmu Pemerintahan,” kata Kamil dalam keterangan pers yang diterima //Republika//.

Untuk meningkatkan minat dan motivasi menulis karya ilmiah, pihaknya juga memberikan penghargaan berupa konversi ke mata kuliah serta skripsi. Terhitung, ada lebih dari 40 artikel jurnal mahasiswa yang sudah dikonversi menjadi skripsi. Jurnal-jurnal terkait tersebar di jurnal nasioanl terakreditasi SINTA 2 dan 3, prosiding terindeks scopus, jurnal internasional dan jurnal internasional bereputasi.

Sementara itu, Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UMM Profesor Muslimin Machmud mengapresiasi prestasi yang telah dicapai. Ia mendorong prodi-prodi lain untuk mengikuti jejak baik Prodi IP UMM. Hal ini terutama dalam hal kinerja publikasi ilmiah.

Muslimin berharap prodi IP tidak mudah puas dengan raihan tersebut. Prodi diharapkan terus mengembangkan serta meningkatkan kualitas layanan pendidikan. "Termasuk publikasi ilmiah dan memberikan inovasi-inovasi bermanfaat lainnya,” ucap Muslimin. 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement