Wednesday, 13 Jumadil Awwal 1444 / 07 December 2022

Saab 900 Turbo, Mobil Pemanis Mejeng di Film Oscar Drive My Car

Senin 18 Apr 2022 08:54 WIB

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih

Mobil Saab 900 Turbo dalam film Drive My car

Mobil Saab 900 Turbo dalam film Drive My car

Foto: tangkapan layar
Saab 900 merupakan mobil compact executive car yang dirakit pada 1978 hingga 1998.

REPUBLIKA.CO.ID, HIROSHIMA -- Sejumlah film melibatkan mobil ikonik sebagai penghias cerita. Hal itu pun diterapkan dalam film Drive My Car.

Dikutip dari Drive pada Kamis (14/4/2022), mobil yang menghiasi film tersebut adalah Saab 900 Turbo. Meski ceritanya melibatkan banyak scene bersama mobil, tapi film itu jauh dari nuansa kebut-kebutan yang menegangkan.

Baca Juga

Saab 900 merupakan mobil compact executive car yang dirakit pada 1978 hingga 1998. Mobil Swedia ini ditawarkan dalam opsi sedan dan hatcback tiga pintu dan lima pintu.

Dalam perjalananya, mobil ini hadir dalam dua generasi yakni old generation (OG) dan new generation (NG). Saab 900 yang digunakan dalam film Drive My Car merupakan Saab 900 old generation dengan lay out hatcback tiga pintu berbekal mesin 2 liter turbo.

Secara tampilan, mobil ini terlihat khas karena hadir dengan headlight dan grille yang ikonik. Selain itu, tampilanya juga menonjol berkat pilar A yang cukup tegak dan windshield yang besar.

Secara keseluruhan, mobil ini kental dengan nuansa desain yang boxy. Tapi, desainya terlihat lebih luwes berkat penerapan rear end yang unik.

Peranya dalam film Drive My Car pun membuat film ini berhasil memenangkan salah satu kategori dalam Academy Awards 2022. Film Drive My Car  merupakan sebuah film Jepang yang disutradarai oleh Ryusuke Hamaguchi.

Film ini tampil unik karena menonjolkan kisah cinta, ikatan dan rasa kehilangan. Keunikan dalam film itu pun membuatnya menyabet tiga gelar dalam Cannes Film Festival 2021.

Dalam Oscar 2022, film ini masuk dalam nominasi best picture, best director, best international feature dan best adapted screenplay. Hingga kemudian, film yang dibintangi oleh Hidetoshi Nishijima, Tōko Miura dan Reika Kirishima itu pun memenangkan Oscar pada kategori best international feature.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA